kumparan
11 Feb 2019 15:52 WIB

Pertamina Tak Khawatir Rugi karena Harga Premium Turun Rp 100

Premium Masih Tersedia Foto: Novan Nurul Alam/kumparan
Pemerintah telah menurunkan harga BBM Premium sebesar Rp 100 per liter di wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali). Dengan begitu, harga Premium di Jamali yang sebelumnya Rp 6.550 menjadi Rp 6.450 per liter, sama seperti harga jual di luar Jamali.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengaku pihaknya tidak khawatir dengan penurunan harga BBM Premium. Menurut dia, penurunan ini juga tidak berpengaruh pada kondisi keuangan perusahaan.
Enggak masalah, sudah dikalkulasikan. Enggak ganggu keuangan kok, tenang saja,” kata dia saat ditemui di Komisi VII DPR RI, Jakarta, Senin (11/2).
PLT Dirut Pertamina Nicke Widyawati. Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/kumparan
Nicke juga menjelaskan bahwa dengan penurunan harga Premium, pasokannya tidak akan dikurangi di SPBU. Kata dia, pasokan di lapangan tetap diawasi dengan benar oleh Pertamina dan Kementerian ESDM.
Nicke mengatakan, tahun ini volume BBM Premium sebesar 10,5 juta kiloliter (KL). Jumlah ini sama dengan volume tahun lalu.
“Kita monitoring terus. Kan ada Call 135 itu juga. Enggak ada pengurangan, setahun itu 10,5 juta KL. (Tahun lalu) juga segitu,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Harga BBM Premium di Jawa Turun Rp 100 Jadi Rp 6.450 per Liter
Kementerian ESDM menurunkan harga BBM jenis Premium sebesar Rp 100 per liter untuk wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) dari harga sebelumnya Rp 6.550 per liter menjadi Rp 6.450 per liter.
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Djoko Siswanto, mengatakan penurunan dilakukan agar harga Premium merata di semua daerah yang ada di Indonesia. Adapun di luar Jamali harga Premium sudah dijual Rp 6.450 per liter.
"Untuk yang Premium, Pertamina menurunkan harganya menyesuaikan harga dengan harga di Jawa, Bali. Jadi, Pertamina turunkan juga untuk menyesuaikan dengan semua tempat," kata Djoko dalam konferensi pers di Kementerian ESDM Jakarta, Minggu (10/2).
ADVERTISEMENT
Penurunan BBM Premium berlaku mulai hari ini, Minggu (10/2) pukul 00:00 WIB oleh PT Pertamina (Persero) yang menjadi satu-satunya badan usaha yang menjual Premium.
Selain menurunkan harga BBM Premium, Pertamina juga menurunkan beberapa harga BBM nonsubsidi mulai dari Pertamax hingga Dexlite. Untuk BBM nonsubsidi, harga diturunkan perusahaan untuk menyesuaikan harga minyak dunia yang mulai turun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan