Pencarian populer

Pesan JK ke Penerima LPDP: Indonesia Membutuhkan Anda

Menteri Keungan, Sri Mulyani memberikan sambutan di acara Sarasehan LPDP 2019 di Kementerian Keuangan. Foto: Selfy Sandra Momongan/kumparan

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) malam ini menghadiri acara temu bareng para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan. Dalam sambutannya JK mengaku dirinya sangat bersyukur melihat para penerima beasiswa bisa menempuh pendidikan di luar negeri dan kembali ke tanah air untuk mengabdi.

"LPDP tak ada ikatan dinas. Sebenarnya Anda tinggal kerja di luar negeri tak apa karena memang tak ada ikatan seperti itu. Tapi NKRI menunggu Anda, jelas bahwa dibutuhkan tenaga muda seperti ini,” ungkap JK di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (15/3).

Dalam kesempatan tersebut JK mengisahkan soal faktor-faktor yang bisa membuat sebuah negara menjadi maju. Menurut JK, ada negara yang maju karena disokong oleh sumber daya alam.

Namun menariknya, banyak pula negara yang minim hasil sumber daya alam tapi bisa sangat lebih maju. Meski dari faktor SDA tidak bisa disamaratakan namun JK yakin ada satu faktor yang sama-sama dimiliki oleh semua negara maju yaitu tingkat pengetahuan masyarakat.

Wakil Presiden, Jusuf Kalla di Bali, Kamis (14/3). Foto: Denita BR Matondang/kumparan

“Jepang tak ada SDA-nya, Korea tidak ada tapi manusianya penuh semangat dan ilmu pengetahuannya dikelola dengan baik sehingga dia maju dibandingkan negara lain. Itu kenapa tahun ini oleh Pak Presiden telah difokuskan bagaimana tingkatkan SDM kita,” katanya.

Itulah sebabnya pemerintah membentuk LPDP sebagai salah satu cara meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia khususnya generasi akan datang.

Menurut JK, kini sistem LPDP sudah berkembang dengan sangat baik. Di masa lampau, pemberian beasiswa pendidikan biasanya dibarengi dengan kewajiban kerja di instansi bersangkutan alias ikatan dinas. Tetapi kini aturan di LPDP tidak demikian, tidak ada ikatan dinas bagi penerima LPDP.

Bahkan sejatinya alumni LPDP boleh bekerja di luar negari. Namun menurut JK, akan lebih baik lagi jika penerima beasiswa ini pulang ke tanah air untuk mengabdi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61