Pencarian populer
PGN Targetkan Laba Rp 2,8 Triliun Tahun Ini, Naik 33 Persen
Petugas menyiapkan Meter Regulator Station (MRS) untuk penyaluran gas di stasiun induk PT Java Energy Semesta di Gresik, Jawa Timur. Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim
PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau PGN menargetkan laba tahun ini sebesar USD 200 juta alias sekitar Rp 2,8 triliun (kurs Rp 14.000). Target ini naik 33 persen dari perolehan laba tahun lalu yang sebesar USD 150 juta.
Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan, untuk bisa mendapatkan laba sebesar itu perusahaan mengincar pendapatan sepanjang tahun ini sebesar USD 5 miliar.
"Laba tahun lalu USD 150-an juta. Sekarang di atas USD 200-an juta. Pendapatan tahun ini bisa sekitar USD 5 miliar, naik ya," kata dia di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (12/2).
Menurut dia, laba tahun ini bisa dikejar karena ada kenaikan permintaan dari penjualan gas di dalam negeri. Tahun lalu, penjualan gas juga mengalami kenaikan dari rata-rata sebesar 800 BBTUD menjadi 900 BBUTD.

Untuk belanja modal tahun ini, kata Gigih tidak ada kenaikan, masih sama seperti tahun lalu di level USD 400 juta. Alasannya, karena sebagian besar pembangunan infrastruktur pipa sudah diselesaikan tahun lalu.
Meski begitu, tahun ini, perusahaan mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk membangun 5 juta sambungan jaringan gas (jargas) ke rumah tangga dan industri kecil. Semuanya harus mampu diselesaikan PGN hingga 2025 mendatang.
Gigih mengaku pembangunan 5 juta sambungan jargas membutuhkan dana sebesar Rp 12,5 triliun. Untuk tahun ini, perusahaan ditugasi membangun 800 ribu sambungan jargas.
Menurut perhitungannya, untuk pembangunan jargas tahun ini membutuhkan dana sekitar Rp 200-300 miliar tapi dia masih belum mau membocorkan dana yang bakal dirogoh untuk tahun ini dari kas internal.
"PGN sendiri belum tahu, yang jelas tahun ini dibangun pakai APBN Itu 70 ribu sambungan. Jadi selebihnya itu dari kita," ucap dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: