Pencarian populer

Produsen Beras HOKI Jajaki Produksi Listrik dari Kulit Padi

RUPST PT Buyung Poetra Sembada (Foto: Ela Nurlaela/kumparan)

Produsen beras PT Buyung Poetra Sembada Tbk berencana mengembangkan bisnisnya ke sektor pembangkit listrik. Nantinya pembangkit listrik yang ditargetkan berkapasitas 35 MW ini akan memanfaatkan kulit padi atau sekam sebagai bahan bakarnya.

Menurut Direktur Utama PT Buyung Poetra Sembada Sukarto Bujung, pembangkit listrik dengan kulit padi ini merupakan pembangkit pertama yang ada di Indonesia. Adapun pembangkit listrik ini termasuk ke dalam energi terbarukan.

"Selama ini kalau di Jawa bisa diserap oleh pabrik semen atau pabrik baja untuk bakar tungkunya. Tapi kalau di Sumatera Selatan mereka rata-rata pabrik semen pakai batubara. Sedangkan kalori pembakaran dari kulit padi cukup tinggi sekitar 3.500 kkal," kata Bujung di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (5/6).

Bujung bercerita, mendapat ide pengembangan pembangkit listrik dari kulit padi tersebut dari Filipina dan India. Ia berharap, dengan adanya pembangkit listrik ini bisa mengurangi sampah-sampah kulit padi khususnya dari pabrik miliknya di Sumatera Selatan.

"Selama ini kulit padi di buang-buang saja. Jadi nanti semua bisa dimanfaatkan dan enggak ada yang noise. Daripada beli listrik dari luar mending bikin sendiri," jelasnya.

Ilustrasi pembangkit listrik. (Foto: pixabay)

Dikatakan Bujung, untuk pembangunan satu pembangkit listrik berkapasitas 35 MW diperlukan investasi Rp 60-70 miliar. Ia berharap, di akhir 2019 pabrik tersebut sudah mulai diujicobakan.

"Kita juga ada proyek pembangkit listrik dari kulit padi. Itu sedang garap, istilahnya kita sudah proses pembangunan. Tahun ini sebagian investasi selesai, dan akhir tahun depan bisa commisioning," jelasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33