Pencarian populer

Ratu Maxima Sarankan Pemerintah Buat Basis Data E-commerce

Darmin bertemu Ratu Maxima (Foto: Nicha Muslimawati/kumparan)

Ratu Belanda, Maxima, hari ini bertemua dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomoan Darmin Nasution di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta. Pertemuan yang berlangsung selama 45 menit itu secara khusus membahas inklusi keuangan.

Darmin mengatakan, Ratu Maxima mengapresiasi pemerintahan Indonesia yang telah menjalankan program inklusi keuangan sejak 2016. Salah satunya inklusi keuangan untuk bantuan sosial.

"Waktu itu juga diterbitkan Perpres mengenai strategi nasional inklusi keuangan. Nah ini dia datang sekaligus untuk diskusi, tukar pikiran sekalian melihat perkembangannya bagaimana," kata Darmin usai pertemuan dengan Ratu Maxima di kantornya, Jakarta, Selasa (13/2).

Selain itu, kata Darmin, Ratu Maxima juga menyarankan agar Indonesia bisa mengembangkan basis data untuk kegiatan digital. Sebab mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu mengakui bahwa masih ada kekurangan di Indonesia, seperti data-data keuangan pada e-commerce yang belum bisa terekam oleh pemerintah.

"Sehingga barang kali didiskusi tadi saran dia (Ratu Maxima) yang cukup jelas itu adalah Indonesia perlu kembangkan ekosistem, sehingga market base dari kegiatan ini berjalan dengan baik. Barang kali itu perbaikan yang mungkin harus dilakukan," jelasnya.

Ratu Maxima menilai Indonesia sudah cukup maju dalam inklusi keuangan. Dia memuji program inklusi keuangan Laku Pandai atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif merupakan salah satu program yang baik.

Ratu Maxima juga pernah mengatakan, inklusi keuangan dapat mendukung pembangunan ekonomi berbasis masyarakat sekaligus mengurangi kemiskinan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31