Pencarian populer

Reksa Dana Masih Menjadi Pilihan Investasi Favorit Milenial

com-Ilustrasi Milenial Foto: Shutterstock

Generasi milenial kini perlahan mulai mengenal investasi di pasar modal. Hal ini didorong dengan semakin gencarnya informasi mengenai investasi dan kemajuan teknologi.

Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menyampaikan, saat ini tren investasi pilihan milenial pertama yaitu reksa dana, selanjutnya saham, lalu logam mulia dan bisnis properti.

"Hasil pengamatan saya trennya sih milenial tertarik untuk masuk pasar saham, berikutnya adalah reksa dana. Beberapa yang lain logam mulia atau bisnis properti," katanya kepada kumparan, Senin (25/2).

Kompetisi games investasi pasar modal stocklab Foto: Edy Sofyan/kumparan

Menurutnya, perlahan dunia investasi mulai digemari oleh generasi milenial. Sebab, investasi saat ini mulai dipandang untuk kebutuhan jangka panjang.

Sementara itu, berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor naik sebesar 44 persen menjadi 1,6 juta investor pada tahun 2018, dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu 1,1 juta investor.

Secara rinci komposisinya antara lain 851.662 SID yang memiliki aset saham. Lalu 988.946 SID memiliki aset reksa dana dan 195.119 SID memiliki aset surat berharga negara. Dari data tersebut, investor milenial naik menjadi 39,72 persen dibanding periode sama pada tahun sebelumnya 29 persen.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31