Pencarian populer
Bisnis

Repsol Temukan Cadangan Gas Baru di Sumsel, Terbesar dalam 18 Tahun

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (kedua dari kiri) dan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto (tengah) Umumkan Temuan Potensi Cadangan Gas Sebesar 2 TCF yang Dikelola Repsol di Blok Sakakemang. Foto: Ema Fitriyani/kumparan

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak Bumi dan Gas Bumi (SKK Migas) memaparkan potensi cadangan gas bumi di Wilaya Kerja (WK) Sakakemang, Sumatera Selatan yang ditemukan perusahaan minyak dan gas asal Spanyol, Repsol. Penemuan ini disebut-sebut sebagai cadangan gas terbesar dalam 18 tahun.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan cadangan gas bumi sekitar 2 Triliun Cubic Feet (TCF). Ia pun menambahkan cadangan gas bumi tersebut ditemukan di kedalaman sekitar 2.430 meter.

“Potensi lebih kurang 2 TCF. Asumsi sekarang, rig 1.500 HB. Kadang dikerjakan bertahun tahun enggak dapat, dengan kedalaman 2.430 meter dapat cadangan,” katanya saat konferensi pers pemaparan SKK Migas di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis (21/2).

Ilustrasi kilang minyak Foto: Reuters/Todd Korol

Ia pun menambahkan pada tahun 2004 silam di kawasan tersebut pernah dieksplorasi di kedalaman yang sama. Hanya saja cadangan gas yang ditemukan kurang sesuai.

“2004 sudah dilakukan dengan KBD 1, kurang memberikan hasil yang bagus. Ternyata ada di sebelahnya yang lebih bagus cadangannya,” katanya.

Adapun lokasi KBD 2X berlokasi di Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. KBD 2 merupakan sumur eksplorasi kedua yang saat ini dibor oleh Repsol.

Temuan ini merupakan salah satu dari 10 area potensi yang direkomendasikan SKK Migas. Adapun 10 lokasi tersebut antara lain Sumatera Utara, Sumatera Tengah, Offshore Tarakan, Makassar Strait, Kutai Offshore, Timur Laut Jawa, Buton Offshore, Papua, Bird Body Papua, dan Warim Papua.

Sementara itu Exploration Manager South East Asia Repsol, David Remos Herrero menyatakan cadangan gas bumi Sukakemang memiliki potensi yang baik ke depannya. Lokasinya yang di dekat Blok Corridor menjadikan sumber daya gasnya di sana potensial.

“Kita percaya ini ekonomis. Kita berusaha secepatnya (selesaikan tes di sana),” tuturnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: