Pencarian populer

RI Dorong Kerja Sama Saudi Aramco dan Pertamina Segera Terwujud

Menlu RI Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Arab Saudi Ahmed Al-Jubeir di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Selasa (23/10/2018). (Foto: REUTERS/Willy Kurniawan)

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel bin Ahmed Al Jubeir, di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat, Selasa (23/10). Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai beberapa hal, salah satunya peningkatan kerja sama ekonomi.

Dalam upaya meningkatkan kerja sama itu, pemerintah Indonesia mendorong pemerintah Arab Saudi untuk menyelesaikan kesepakatan kerja sama yang alot. Misalnya soal kerja sama antara Saudi Aramco dan PT pertamina.

“Salah satu pending issues yang ingin saya sebutkan antara lain terkait dengan kerja sama Aramco dan PT Pertamina untuk Refinery Development Master Plan (RDMP) atau Program Kilang Cilacap,” kata Retno di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat (23/10).

Pertemuan Bilateral Arab Saudi-Indonesia di Kementerian Luar Negeri. (Foto: Darin Atiandina/kumparan)

Pada Mei 2017 lalu, Saudi Aramco bersedia untuk berinvestasi dalam proyek RDMP di Cilacap hingga mencapai US 6 miliar dolar atau setara dengan Rp 87 triliun. Namun, pemerintah Indonesia tak kunjung mendapatkan kepastian akan dana investasi tersebut.

Hal ini disebabkan karena berbagai insentif yang diminta oleh pemerintah Arab Saudi, mulai dari tax holiday, lahan, hingga penyerahan aset ke anak perusahaan nantinya. Retno menegaskan, penyelesaian kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya menjadi salah satu langkah penting untuk terus menyokong kerja sama antar dua negara.

“Kita tekankan pentingnya kedua belah pihak untuk mendorong menyelesaikan pending issues yang dimiliki oleh kedua negara,” ucap Retno.

Selain penyelesaian pending issues, dalam pertemuan tersebut Indonesia juga tertarik untuk meningkatkan kerja sama bidang lainnya. Salah satunya di bidang kesehatan dengan caranya memperluas akses pasar dan tenaga profesional di bidang kesehatan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20