kumparan
6 Mar 2019 17:35 WIB

Sambil Goreng Tempe, Arcandra Resmikan Jaringan Gas di Deli Serdang

Wamen ESDM Archandra Tahar (tengah) saat memasak tempe disalah satu rumah warga yang dialiri pipa Jargas. Foto: Rahmat Utomo/kumparan
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar meresmikan jaringan gas bumi (jargas) rumah tangga di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (6/3).
ADVERTISEMENT
Total ada 120.738 meter panjang pipa yang mengaliri 5.560 sambungan ke rumah warga. Pipa tersebut menyalurkan gas dari Pertamina EP dengan volume gas hingga 0,2 MMSCFD.
Tak hanya meresmikan jargas, Arcandra juga mengunjungi rumah warga untuk melihat secara langsung penggunaan jargas di masyarakat. Ia pun tampak mendemonstrasikan jargas yang sudah terpasang dengan memasak tempe di dapur salah seorang warga.
Menurut Arcandra, adanya jargas di rumah-rumah akan mengurangi impor LPG karena pipa langsung disambungkan ke rumah, sehingga warga tak perlu lagi membeli LPG.
"Jadi sekarang, rumah tangga yang mendapatkan sambungan jargas (akan) mengurangi penggunaan LPG . Mereka (sejauh ini ) masih (mengunakan) 3 tabung dalam sebulan. Jadi kalau dikali 5.000 rumah tangga, berarti dalam sebulan mengurangi sebanyak 15.000 tabung LPG di Deli Serdang," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Kata Arcandra, untuk tahun 2019 pemerintah menargetkan 400 ribu rumah tersambung jargas. Untuk wilayah Sumut, selain Kabupaten Deli Serdang, nantinya jargas juga akan dibangun di Medan .
"Untuk nasional kita baru memasang Jargas 78.000, (dari target) nasional 400 ribucyang akan disambungkan," ungkapnya.
Arcandra juga menjelaskan, pembangunan jargas merupakan bagian upaya pemerintah mendorong penggunaan energi yang baik dan ramah lingkungan .
"Selain untuk penghematan penggunaan gas LPG yang akhirnya mengurangi impor, juga untuk kebersihan lingkungan serta membantu masyarakat dalam menghemat pengeluaran membeli gas," ujarnya
Sementara itu, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo berharap pemanfaatan gas bumi ini mampu memenuhi kebutuhan harian rumah tangga masyarakat agar lebih efisien dan aman.
ADVERTISEMENT
“Dengan kehadiran jargas tersebut, masyarakat bisa mengakses sumber energi baik dari PGN. Ke depan, kami harapkan pembangunan jargas akan lebih massif, karena gas bumi ini sangat efisien dan aman bagi penggunaan sehari-hari,” ucap Dilo.
Sampai saat ini, ujar Dilo, PGN tercatat mengelola jaringan infrastruktur pipa gas sepanjang 7.453 km dan telah disalurkan ke 203.314 pelanggan dari berbagai segmen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·