Pencarian populer

Survei: Anak Muda Indonesia Lebih Minat Jadi Wirausaha Dibanding PNS

ilustrasi milenial. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Perusahaan rintisan atau startup asal Singapura, Sea, mencatat mayoritas ‎anak muda Indonesia kini lebih berkeinginan menjadi wirausaha, tidak lagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Berdasarkan riset yang dilakukan pada tahun 2018 dengan 8.591 responden, sebanyak 24,4 persen anak muda ingin bekerja sebagai wirausaha. Sementara yang ingin menjadi PNS sebesar 17,1 persen.

Sisanya, porsi anak muda yang ingin melanjutkan usaha keluarga sebanyak 16,5 persen, perusahaan multinasional sebesar 11,4 persen, badan usaha sosial sebesar 9,5 persen, perusahaan lokal besar sebesar 8,8 persen, UKM sebesar 7,1 persen, dan startup sebesar 5,2 persen.

"24,4 persen anak muda Indonesia ingin jadi wirausaha, pemerintahan (PNS) sebesar 17,1 persen," ucap Group Chief Economist Sea, Santitarn Sathirathai, dalam Indonesia Digital Economy Industry Conference di Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (9/4).

Meski demikian, menurut dia, jumlah anak muda Indonesia yang ingin menjadi wirausaha masih kalah dengan negara di Asia Tenggara lain‎, yakni Thailand sebesar 35,9 persen, Malaysia sebesar 25,8 persen, dan Vietnam sebesar 24,8 persen.

"Thailand, Malaysia, dan Vietnam memiliki persentase anak muda yang ingin menjadi wirausahawan lebih besar, tapi Indonesia lebih baik dari Singapura dan Filipina," bebernya.

Santitarn menambahkan, anak muda Indonesia ‎termasuk golongan yang optimistis terhadap kemajuan teknologi di Asia Tenggara, di mana 54 persen anak muda di Indonesia percaya bahwa teknologi akan meningkatkan lapangan pekerjaan di suatu negara.

"E-commerce memiliki potensi untuk menjadi pendorong kuat dalam membuka peluang ekonomi bagi mereka yang belum terpapar dengan ekonomi digital," kata Santitarn.

Adapun Sea merupakan startup yang membawahi 3 platform digital yang bergerak di bidang hiburan digital Garena, e-commerce Shopee, ‎dan layanan keuangan digital Airpay.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36