kumparan
6 Des 2018 20:42 WIB

Tahun Depan, SMF Rilis Program Kredit Rumah Bagi Korban Bencana

Direktur utama SMF Ananta Wiyogo (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF berencana merilis program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) khusus bagi korban bencana bernama KPR SMF Paska Bencana pada tahun depan.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, mengatakan program KPR yang diluncurkan pihaknya itu berbentuk dana perbaikan rumah. Dengan begitu, korban bencana bisa merenovasi rumahnya agar layak huni.
“KPR SMF Paska Bencana sekarang sedang minta approval, rencana 2019 akan kami luncurkan,” ujarnya saat ditemui di Novotel Nusa Dua, Bali, Kamis (6/12).
Ananta Wiyogo, Direktur Utama SMF (Foto: Ela Nurlaela/kumparan)
Dia membeberkan, pada tahun depan program itu akan digulirkan di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang pada tahun ini terkena bencana gempa. Pada tahap awal, hanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bisa jadi peserta.
“Sementara PNS karena slip gaji PNS ada di BPD NTB, dari segi credit risk jadi bisa kami mitigasi. Kalau lancar baru ke umum,” papar Ananta.
Menurutnya, anggaran yang disiapkan untuk program KPR SMF Paska Bencana pada tahun depan adalah 3.000 peserta. Setiap peserta diberi pagu kredit maksimal sebesar Rp 100 juta untuk memperbaiki rumah.
ADVERTISEMENT
“Masyarakat kan dapat bantuan (bencana) per keluarga Rp 50 juta, itu enggak cukup kalau memperbaiki rumahnya. Ini sebagai alternatif,” katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan