Pencarian populer

Target Penyelesaian Tol Manado-Bitung Mundur Jadi April 2020

Pekerja di proyek pembangunan tol Ngawi-Kertosono Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Tol Manado-Bitung di Sulawesi sepanjang 39,9 kilometer (km) dapat selesai pada April 2020.
ADVERTISEMENT
Pada mulanya, Tol Manado-Bitung ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019. Namun dikarenakan proses pembebasan lahan sepanjang 13 km belum selesai, target penyelesaian mundur.
"Iya ditarget selesai April 2020," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit kepada kumparan, Sabtu (6/7).
Presiden Joko Widodo tinjau pembangunan tol Manado-Bitung, Jum'at (5/7). Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi pembangunan Tol Manado-Bitung pada Jumat (5/7). Pada kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan terdapat masalah pembebasan lahan.
"Ini Tol Manado-Bitung, lapangannya masih kurang 13 kilo yang pembebasan, tapi proses berjalan. Yang ada, ini memang tadi sudah perintahkan kerja sama ke Dirut untuk diselesaikan," kata Jokowi di lokasi, Jumat (5/7).
Adapun Tol Manado-Bitung dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp 6,19 triliun. Pemilik ruas tol ini ialah Jasa Marga.
ADVERTISEMENT
Tol Manado-Bitung memiliki 2 seksi, yakni Seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi (14 km) dengan progres Seksi 1A (7 km) sudah mencapai 90,65 persen dan ditargetkan bisa selesai pada Oktober 2019, sementara Seksi 1B (7 km) sudah rampung 100 persen.
Sedangkan Seksi 2 Air Madidi-Bitung (25 km) terbagi Seksi 2A Air Madidi–Danowudu (11,5 km) dengan progres mencapai 87,23 persen dan Seksi 2B Danowudo–Bitung (13,5 km) dengan progres sebesar 19,37 persen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80