kumparan
18 Feb 2019 20:19 WIB

Alasan Dimajukannya Jadwal Chelsea vs Man United di Piala FA

Chris Smalling dan Eden Hazard Foto: REUTERS/Andrew Yates
Pertandingan ronde kelima Piala FA antara Chelsea melawan Manchester United, Selasa dini hari (19/2/2019) waktu Indonesia, akan berlangsung 15 menit lebih awal dari jadwal biasanya. Usut punya usut, majunya jadwal pertandingan Chelsea versus United berkaitan dengan urusan British Broadcasting Corporation (BBC) yang menyiarkan laga ini.
ADVERTISEMENT
Sepak bola di Inggris memang hampir tidak pernah diselenggarakan di pukul 19:30 waktu setempat, waktu ketika laga Chelsea melawan United dilangsungkan. Pertandingan Piala FA yang dilangsungkan di tengah pekan biasanya dimulai di pukul 19:45, sementara peluit sepak mula pertandingan Premier League tengah pekan kebanyakan dibunyikan di pukul 20:00.
Tentu saja, ada alasan dari dimajukannya jadwal pertandingan dua tim top Inggris ini. Berdasarkan laporan Joshua Peck di Express, majunya sepak mula Chelsea kontra United diterapkan demi menghindari tabrakan jadwal siar yang ada di BBC One, kanal mainstream BBC.
Anthony Martial merayakan gol keduanya ke gawang Chelsea pada pertandingan pekan kesembilan Premier League 2018/19. Foto: Reuters/Andrew Couldridge
Begini, BBC One memiliki siaran berita yang rutin ditayangkan di pukul 22:00 waktu lokal. Majunya waktu sepak mula pertandingan ke pukul 19:30 memastikan tak ada bentrok antara siaran sepak bola dengan siaran berita yang begitu penting bagi rakyat Inggris. Yang patut diperhatikan, pertandingan ronde kelima Piala FA tak menerapkan sistem tanding ulang (replay) apabila pertandingan berakhir imbang di waktu normal. Dengan kata lain, akan ada babak perpanjangan waktu (extra time), bahkan adu penalti apabila skor kedua tim tetap sama.
ADVERTISEMENT
Jika dihitung secara kasar, satu pertandingan yang berakhir dalam babak adu penalti bisa memakan waktu lebih dari 120 menit. Apabila pertandingan antara Chelsea dan United nanti berakhir dengan babak adu penalti, BBC, khususnya BBC One, setidaknya memiliki waktu beberapa menit sebelum menayangkan siaran berita. Terlebih, mereka juga harus menyiarkan babak undian perempat final Piala FA, segera setelah pertandingan Chelsea dan United berakhir.
Pertandingan Southampton vs Derby County di Piala FA Foto: Reuters/Andrew Couldridge
Pertandingan babak ulangan ronde ketiga Piala FA antara Southampton melawan Derby County yang berlangsung tanggal 16 Januari lalu menjadi contoh bagaimana bentrokan siaran ini terjadi di BBC. Kala itu, pertandingan ini dimulai di waktu normal pertandingan tengah pekan Piala FA, yaitu pukul 19:45 waktu setempat. Sialnya, Southampton dan Derby imbang di waktu normal dengan skor 2-2, sementara tak ada satu gol pun tercipta di babak perpanjangan waktu. Pertandingan pun mesti diselesaikan lewat babak adu penalti.
ADVERTISEMENT
Nah, di saat pertandingan Southampton versus Derby masih belum selesai, BBC One memiliki jadwal siaran berita di pukul 22:00. Mirisnya, siaran berita saat itu sangat penting, yaitu pidato dari Sang Perdana Menteri, Theresa May, menyoal British Exit (Brexit). Akibatnya, pidato May terpaksa disiarkan BBC lewat kanal BBC Two, yang lebih tidak populer dan lebih ditujukan bagi kalangan elit di Inggris ketimbang BBC One.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan