kumparan
12 Des 2018 10:35 WIB

Alisson Becker dan Penyelamatan 11 Juta Pounds

Alisson Becker di pertandingan menghadapi Napoli. (Foto: AFP/Paul Ellis)
Mohamed Salah boleh jadi merupakan pencetak gol kemenangan Liverpool atas Napoli. Akan tetapi, tanpa penyelamatan Alisson Becker di menit-menit akhir pertandingan, segalanya akan menjadi sia-sia. Itulah mengapa, seusai pertandingan pelatih Liverpool, Juergen Klopp, berkata bahwa penyelamatan Alisson tadi membuat sang kiper layak dihargai dua kali lipat.
ADVERTISEMENT
Liverpool menjamu Napoli di Anfield, Rabu (12/12/2018) dini hari WIB, dengan misi yang tidak mudah. Pendek kata, mereka harus menang dan kalau bisa tidak kebobolan. Masalahnya, yang Liverpool hadapi adalah Napoli, tim yang mengalahkan mereka pada pertemuan pertama di San Paolo.
Nyatanya, berada di situasi terjepit justru membuat Liverpool semakin beringas. Mereka berhasil melepas sampai 22 tembakan dengan 4 di antaranya mengarah ke gawang. Satu dari empat tembakan itu berasal dari Salah yang sukses menaklukkan David Ospina di bawah mistar Napoli.
Salah di laga Liverpool vs Napoli. (Foto: Reuters/Carl Recine)
Selain tampil agresif dalam menyerang, Liverpool juga solid dalam bertahan. Buktinya, mereka cuma membiarkan Napoli membuat 8 tembakan dengan 3 di antaranya tepat sasaran. Namun, 1 dari 3 tembakan Napoli itu bisa saja membuat laga berakhir imbang. Jika pertandingan berakhir imbang, maka Liverpool pun bakal tersingkir ke Liga Europa.
ADVERTISEMENT
Tembakan yang dimaksud berasal dari Arkadiusz Milik pada masa injury time babak kedua. Menerima umpan panjang dari sisi kanan, Milik yang berhadapan satu lawan satu dengan Alisson melepaskan tendangan. Namun, dengan refleks yang hebat, Alisson mampu menggagalkan upaya Milik itu. Liverpool pun lolos mendampingi Paris Saint-Germain ke 16 besar Liga Champions.
"Kalau aku tahu Alisson sehebat ini, aku tak keberatan membayar dua kali lebih mahal," seloroh Klopp soal kiper andalannya itu. "Bukan cuma penyelamatan itu saja, lho, yang membuatnya hebat. Ada banyak hal yang harus dia lakukan malam ini. Bagaimana kalemnya dia saat bola berada di kakinya sangat membantu kami dalam membangun serangan. Cara dia memotong umpan silang juga luar biasa. Dan, ya, penyelamatan tadi betul-betul luar biasa."
ADVERTISEMENT
Alisson menjadi bintang utama di mata Klopp. Penyelamatan eks kiper Roma itu sendiri bernilai sampai 11 juta poundsterling karena berkatnya Liverpool bisa meraih kemenangan dan memastikan kelolosan ke fase gugur. Akan tetapi, apa yang diperbuat Alisson tadi, menurut Klopp, hanya bisa terjadi dengan bantuan para pemain lain.
"Alisson tidak bisa membuat 20 penyelamatan seperti tadi. Maka dari itu, sangat penting bagi kami untuk bertahan seperti yang kami lakukan. Alisson memang luar biasa. Apa yang dia lakukan begitu hebat. Namun, dia tetap butuh anak-anak lain di sekelilingnya. Aku sangat bangga dengan apa yang mereka lakukan dan di sini aku ingin berterima kasih pada mereka," ucap Klopp.
"Para pemain berlaga dengan hati mereka. Cara kami bertahan dengan menekan lawan adalah salah satu yang terbaik dari semua yang pernah kusaksikan. Intensitas kami dallam bermain sangat sulit untuk dihadapi. Gol dari Mo tadi, wow, luar biasa. Dan penyelamatan Ali, aku tidak punya kata-kata untuk itu. Bagiku, itu adalah penyelamat hidup kami," tutup pria 51 tahun tersebut.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan