kumparan
6 Jul 2019 12:37 WIB

Atletico Semprot Barcelona, Blokir Transfer Griezmann

Antoine Griezmann gagal maning gagal maning raih Ballon d'Or. Foto: Reuters/Sergio Perez
Saga transfer Antoine Griezmann menjadi rumit. Sempat merapat ke Barcelona, transfer penyerang Timnas Prancis itu terancam batal seiring pernyataan sikap klub pemiliknya, Atletico Madrid.
ADVERTISEMENT
Situasi pelik berawal dari komentar Presiden Barcelona Josep Bartomeu pada Jumat (5/7/2019) waktu setempat. Diutarakan sang patron bahwa La Blaugrana tengah berupaya merekrut Griezmann untuk bursa transfer musim panas 2019. Oleh karenanya, Barcelona menjalani pertemuan dengan Atletico.
Semua tentu tak heran dengan hal itu karena ketertarikan Barcelona terhadap Griezmann sudah muncul sejak tahun lalu. Dan, begitu sang pemain mengumumkan keinginannya meninggalkan Atletico, media-media Eropa langsung mengaitkan Barcelona sebagai destinasi selanjutnya.
Yang menjadi masalah, Bartomeu mengatakan bahwa pertemuan dengan kubu Los Rojiblancos merupakan kali pertama. Klaim tersebut bertentangan dengan fakta yang ada. Pasalnya, Griezmann telah mencapai kesepakatan personal dengan Barcelona sejak Maret 2019.
"Pada 14 Mei, Antoine Griezmann mengatakan kepada Miguel Angel Gi, Diego Simeone, dan Andrea Berta terkait keinginannya meninggalkan klub pada akhir musim. Ketika itu, Atletico menyadari bahwa Barcelona dan si pemain telah menemui kata sepakat pada Maret, setelah kami menghadapi Juventus di Liga Champions," bunyi pernyataan Atletico.
ADVERTISEMENT
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Foto: AFP/Josep Lago
Kesepakatan kedua belah pihak tentu tak dapat dibenarkan, mengingat Griezmann masih terikat kontrak hingga 2023. Dengan kata lain, Barcelona harus meminta izin Atletico terlebih dahulu untuk berbicara ke Griezmann.
Sebagai perbandingan, lihat saja proses kepindahan Frank Lampard hingga akhirnya menjadi pelatih anyar Chelsea. Derby County sempat merilis pernyataan terkait negosiasi antara Lampard dan Chelsea, karena klub peminat telah meminta izin sebelumnya.
Tak cuma kesepakatan yang membuat Barcelona berang. Barcelona juga dianggap meminta kelonggaran terkait pembayaran mahar transfer Griezmann.
"Kami ingin mengklarifikasi bahwa benar adanya pertemuan antara Miguel Angel Gil dan CEO Barcelona, Oscar Grau, atas permintaan Barcelona," lanjut pernyataan itu.
"Dalam pertemuan itu, Grau mengutarakan keinginannya menunda pembayaran sesuai jumlah klausul, begitu nilainya berubah dari 200 juta euro menjadi 120 juta euro pada 1 Juli lalu.
ADVERTISEMENT
Antoine Griezmann saat membela Timnas Prancis. Foto: REUTERS/Umit Bektas
"Tentu saja, jawaban Atletico negatif. Karena kami melihat bahwa Barcelona dan pemain tidak menghormati klub.
"Dengan ini, Atletico ingin menunjukkan sikap muak terhadap sikap kedua belah pihak. Utamanya Barcelona karena berupaya mendorong Griezmann agar mengakhiri kerja sama dengan Atletico. Padahal, Atletico tengah bersaing dengan Barcelona di La Liga saat itu."
Selain menolak permintaan Barcelona, Atletico juga memblokir kepindahan Griezmann. Meskipun, eks pemain Real Sociedad itu telah terang-terangan mendeklarasikan keputusan hengkang dan nomor punggung 7 miliknya sudah beralih ke Joao Felix.
Alih-alih menatap petualangan baru, Griezmann justru dipaksa kembali ke Atletico. Ya, sosok 28 tahun ini mesti bergabung dengan sesi latihan Los Rojiblancos yang telah dimulai sejak Kamis (4/7).
ADVERTISEMENT
"Atletico memerintahkan kepada pemain dan saudarinya selaku agen, agar Griezmann menghadiri sesi latihan pada Minggu (7/7) dan menjalani persiapan pramusim bersama rekan-rekan setimnya. Ini merupakan kewajiban kontraktual," demikian pernyataan klub.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·