Pencarian populer

Babak 16 Besar DFB Pokal: Dortmund dan Leverkusen Dipaksa Angkat Koper

Borussia Dortmund vs Werder Bremen. Foto: Twitter Borussia Dortmund

Borussia Dortmund harus mengubur asa lolos ke babak perempat final DFB Pokal 2018/19. Menjamu Werder Bremen di Signal Iduna Park pada Rabu (6/2/2019) dini hari WIB, Die Borussen tersingkir usai kalah adu penalti dengan skor 2-4.

Laga berlanjut hingga adu penalti karena skor imbang 3-3 hingga babak tambahan waktu. Tiga gol Bremen dicetak oleh Milot Rashica (5'), Claudio Pizarro (108'), dan Martin Harnik (119'), sementara gol-gol balasan Dortmund lahir via Marco Reus (45+2'), Christian Pulisic (105'), dan Achraf Hakimi (113').

Di babak adu penalti, cuma Axel Witsel dan Julian Weigl sebagai algojo Dortmund yang berhasil menjalankan tugasnya, sedangkan Paco Alcacer dan Maximilian Philipp. Sedangkan, empat penendang Bremen yakni Pizarro, Maximilian Eggestein, Davy Klaassen, dan Max Kruse sukses melakukan penalti.

*** Beberapa perubahan yang dilakukan pelatih Lucien Favre pada susunan 11 pemain awal Dortmund di laga ini. Mario Goetze ditunjuk menjadi penyerang yang ditopang oleh raphael Guerreiro, Christian Pulisic, dan Marco Reus. Begitu pun di pos penjaga gawang, Eric Oelschlagel menggantikan tempat Roman Buerki.

Keputusan ini nyatanya menyulitkan Dortmund untuk menggempur Bremen. Sebaliknya, Bremen bermain lebih agresif dan berhasil membuka keunggulan saat laga berusia lima menit saat Milot Rashica mampu menceploskan bola hasil tendangan bebas Max Kruse.

Setelah tertinggal, Dortmund lebih intens menyerang, tetapi rapatnya pertahanan Bremen bikin upaya mereka kerap mental. Oleh karena itu, peluang pertama Dortmund baru lahir di menit 15 lewat sepakan Goetze yang masih melenceng dari gawang.

Dengan keputusan Bremen untuk bermain lebih defensif, jalannya laga menjadi lebih monoton. Mereka cenderung pasif dan menunggu Dortmund di daerah permainan sendiri. Upaya Dortmund menyerang akhirnya membuahkan hasil di menit kedua injury time usai Reus membobol gawang Bremen yang dijaga Jiri Pavlenka.

Untuk menambah daya gedor, Favre mengganti Reus dengan Paco Alcacer. Namun, lini serang Dortmund masih kesulitan menembus pertahanan Bremen dan hampir saja tertinggal di menit 54 jika sepakan Theodor Gebre Selassie tak dimentahkan Oelchlagel. 11 menit berselang, giliran tendangan Rashica yang digagalkan Oelchlagel.

Dortmund yang terus diserang bisa bertahan untuk memaksakan laga berlanjut ke babak tambahan waktu usai babak kedua rampung dengan skor 1-1. Untuk menambah daya gedor, Favre mengganti Goetze dengan Maximilian Philipp serta Gurreiro dengan Jacob Bruun Larsen.

Keputusan Favre kali ini tepat karena di menit 105, Pulisic membawa Doortmund unggul usai mengonversi umpan Alcacer menjadi gol. Namun, keunggulan itu tak bertahan lama karena tiga menit babak kedua tambahan waktu berjalan, Bremen menyamakan skor lewat Claudio Pizarro yang baru masuk di babak tambahan.

Tujuh menit jelang babak tambahan rampung, Dortmund sebetulnya punya kesempatan emas memenangi laga karena Achraf Hakimi mampu mencatatkan namanya di papan skor. Tapi, kemenangan di depan mata itu buyar usai gol sundulan Martin Harnik di menit 119 meembuat skor imbang 3-3 dan laga berlanjut ke babak adu penalti.

Bremen pada akhirnya memenangi pertandingan usai empat pemainnya berhasil mengeksekusi tendangan penalti, sedangkan dua dari empat algojo Dortmund gagal menjalankan tugasnya. Dortmund keok di adu penalti ini dengan skor 2-4. Leverkusen Disingkirkan Tim dari Bundesliga 2 Kejutan lain juga tercipta sebelum laga Dortmund vs Bremen: Tersingkirnya raksasa Bundesliga lainnya, Bayer Leverkusen. Skuat besutan Peter Bosz ini gagal menjejak perempat final usai keok di markas Heidenheim 1-2 yang berasal dari Bundesliga 2--level kedua kompetisi Jerman.

Leverkusen sebetulnya bisa unggul lebih dulu di menit 44 lewat aksi Julian Brandt usai menerima umpan Charles Aranguiz. Namun, Heidenheim bangkit di babak kedua yang diawali dengan skor penyama kedudukan di menit 47 via Nikola Dovedan. Lantas, gol Maurice Multhaup menit 72, memastikan Heidenheim lolos ke babak selanjutnya.

Hasil ini cukup disayangkan buat Leverkusen karena dua hari sebelumnya, mereka menunjukkan penampilan spektakuler dengan mempermalukan Bayern Muenchen 3-1 di pentas Bundesliga pekan ke-20 Sabtu lalu.

Hamburger dan SC Paderborn Melaju ke Perempat Final

Sementara itu, Hamburger SV sukses merebut tiket ke perempat final DFB Pokal 2018/19 usai mengalahkan sesama tim dari Bundesliga, Nuernberg, dengan skor 1-0 via gol Berkay Ozcan di menit 54.

Tiket ke perempat final juga didapatkan SC Paderborn setelah mengalahkan sesama tim dari Bundesliga 2, Duisbeurg, dengan skor telak 3-1. Duisbeurg unggul lebih dulu di menit 47 lewat Cauly Oliveira Souza, tetapi Paderborn sanggup membalas di sisa waktu pertandingan via gol Bernard Tekpetey (52'), Kai Proeger (61'), dan Christopher Antwi-Adjej (76').

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: