Pencarian populer

Bagi Pelatih Leicester, Virgil van Dijk adalah Bek Terbaik di Dunia

Virgil van Dijk, bek andalan Liverpool. (Foto: Action Images via Reuters/Carl Recine)

Jelang pertandingan Premier League antara Liverpool vs Leicester City, Kamis dini hari (31/1/2019), Claude Puel memberikan pujian bagi Virgil van Dijk. Pelatih Leicester ini menyatakan bahwa Van Dijk berhasil menegaskan statusnya sebagai bek tengah terbaik di dunia setelah bergabung ke Liverpool.

Puel memang tak asing dengan permainan Van Dijk. Pria asal Prancis ini pernah bekerja dengan Van Dijk ketika masih menangani Southampton pada musim 2016/2017. Menurut Puel, saat itu Van Dijk sudah menjadi salah satu bek terbaik di dunia, tetapi masih ada satu-dua kekurangan yang harus dibenahi.

“Ketika saya tiba di Southampton, saya berpikir bahwa ia adalah bek terbaik di dunia. Namun, ia masih berada di zona nyamannya dan memiliki kebiasaan buruk,” ujar Puel seperti dilansir Standard.

“Ia suka bertahan begitu dalam di awal laga dan ia kerap kali bermain terlalu aman, yang mana itu sedikit disayangkan. Awalnya, sulit untuk mengevaluasinya dan memintanya untuk berubah karena ia akan marah. Namun, perlahan, ia berhasil memperbaiki kelemahannya dan memperbaiki pergerakannya.”

Manajer Leicester, Claude Puel. (Foto: Reuters/Carl Recine)

Bagi Puel, perubahan yang dilakukan Van Dijk terhadap permainannya mencapai titik tertinggi semenjak bek asal Belanda tersebut bergabung bersama Liverpool. Menurutnya, Van Dijk berhasil berubah menjadi bek tengah modern yang tak lagi bertahan begitu dalam dan mampu bermain di bawah tekanan.

“Kita semua tahu bahwa tim besar ingin menguasai bola di area tengah hingga ke depan. Bek saat ini mesti belajar untuk bertahan dengan jarak yang jauh dari belakang. Untuk bisa bermain di tim besar, hal ini yang dibutuhkan oleh seorang bek dan Van Dijk berhasil menunjukkan bahwa ia adalah bek tengah modern yang mampu melakukan ini di level tertinggi.”

“Di Liverpool, ia naik ke level yang lebih tinggi. Ia adalah pemain yang fantastis. Perasaan saya terhadapnya tak akan berubah meski ia bergabung ke Liverpool. Ia kuat, cepat, berteknik bagus, dan mampu bermain dengan baik di bawah tekanan. Saya sudah merasa ia adalah bek tengah terbaik semenjak di Southampton, namun ia mengonfirmasi ini bersama Liverpool,” kata Puel.

Kualitas Van Dijk memang disebut-sebut sebagai faktor utama betapa kokohnya pertahanan Liverpool di musim ini. The Reds sejauh ini baru kebobolan 13 gol dari 23 pertandingan di Premier League musim ini! Tentu saja, Van Dijk yang tak pernah absen di satu pertandingan liga memiliki peran yang besar. Liverpool pun sejauh ini berhasil bercokol di peringkat pertama Premier League dan memiliki kans besar untuk menjadi juara di akhir musim nanti.

Van Dijk yang terus tampil gemilang bersama Liverpool. (Foto: Reuters/Carl Recine)

Status Van Dijk sebagai salah satu bek terbaik di dunia tahun ini juga dibuktikan lewat penghargaan yang ia terima. Mantan bek Celtic FC ini terpilih sebagai bek tengah di Tim Terbaik Dunia Tahun 2018 versi UEFA.

Puel boleh jadi merasa bangga atas kontribusinya terhadap permainan Van Dijk hingga sampai ke level seperti ini. Ia juga tentu sudah tak sabar untuk bereuni dengan mantan anak asuhnya itu saat Leicester melawat ke Anfield, kandang Liverpool.

Meski begitu, kebugaran Van Dijk sempat diragukan karena ia dikabarkan sakit beberapa hari sebelum pertandingan. Juergen Klopp mengonfirmasi bahwa Van Dijk sudah kembali ke sesi latihan kemarin, tetapi belum bisa dipastikan apakah bek berusia 27 tahun ini mampu turun dari awal laga.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: