Pencarian populer

Bali United Terjungkal di Markas Barito Putera

Official Merchandise Store Bali United Foto: Alan Kusuma/kumparan

Bali United gagal mengudeta PS Tira-Persikabo di puncak klasemen sementara Liga 1 2019. Hal itu menyusul kekalahan dari tuan rumah Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Minggu (14/7/2019), dengan skor 0-1.

Satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan ini dilesakkan oleh Rafael Silva pada menit ke-81.

Kemenangan ini terasa begitu berarti bagi Barito Putera. Pasalnya, ini adalah kemenangan perdana mereka dari delapan laga awal. Alhasil, 'Laskar Antasari' merangsek ke posisi 14 klasemen berbekal tujuh poin.

Sedangkan, Bali United tertahan di posisi kedua klasemen dengan koleksi 16 angka. Perolehan poin 'Serdadu Tridatu' sejatinya serupa dengan Tira-Persikabo tetapi mereka kalah selisih gol. Akan tetapi, Bali United masih memiliki tabungan satu laga lebih banyak ketimbang Tira-Persikabo.

Barito Putera yang berhasrat mengejar kemenangan perdananya, terlihat begitu menggebu-gebu mencari gol secepatnya. Akan tetapi, hingga setengah jam laga berjalan, tak ada peluang berarti yang diraih, baik bagi tuan rumah maupun tim tamu.

Baru pada menit ke-33, Bali United meraih kesempatan. Melvin Platje menyambut umpan silang datar di muka gawang. Sayang, sontekannya masih mampu ditepis oleh Adhitya Harlan yang tampil di bawah mistar Barito Putera.

Jual beli serangan pun terjadi. Semenit berselang, giliran Barito Putera menekan. Rafael Silva mendapatkan bola di dalam kotak penalti. Tetapi, tembakan kerasnya dari sudut sempit yang mengagetkan, masih mampu ditepis oleh kiper Bali United, Wawan Hendrawan.

Memasuki akhir babak pertama, kontroversi terjadi. Bali United yang semestinya meraih keunggulan dibatalkan wasit karena Platje didakwa telah berada dalam posisi offside.

Berawal dari umpan panjang Paulo Sergio, bola diterima Platje usai lolos dari adangan dua bek lawan. Sambil membalikkan badan, sang striker menyepak bola secara first time yang gagal dihentikan Aditya Harlan. Sayang, asisten wasit mengangkat bendera meski dalam tayangan ulang, posisi Platje masih di belakang bek lawan.

Loading Instagram...

Memasuki babak kedua, tensi pertandingan semakin meningkat. Kedua tim terlibat permainan terbuka.

Lama menunggu, suporter tuan rumah akhirnya bersorak pada menit ke-81 menyusul gol dari Rafael Silva. Berawal dari bola mati yang dieksekusi Rizky Pora, Rafael Silva yang lepas dari jebakan offside berhasil menanduk bola yang menghujam deras gawang kawalan Wawan Hendrawan.

Tertinggal sebiji gol, Bali United bereaksi. Selang empat menit, skuat asuhan Stefano Cugurra sempat menyamakan kedudukan, tetapi dianulir. Wasit menilai tandukan Willian Pacheco menggangu pergerakan Adhitya Harlan yang sudah menguasai bola terlebih dahulu.

Loading Instagram...

Niatan Bali United untuk menyamakan kedudukan pun semakin berat menyusul kartu merah langsung yang diberikan kepada Pacheco. Mantan bek Persija Jakarta itu dinilai melanggar Gavin Kwan Adsit dari belakang.

Hingga berakhirnya laga, tak ada gol tambahan bagi kedua tim.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57