Pencarian populer

Bantai Burnley, City Sukses Pertahankan Tren Positif

Sergio Aguero merayakan gol. (Foto: Reuters/Jason Cairnduff )

Manchester City luar biasa. Menjamu Burnley dalam laga pekan kesembilan Premier League musim 2018/19 di Stadion Etihad, Sabtu (20/10/2018) malam WIB, City sukses menang dengan skor 5-0. Sergio Aguero, Bernardo Silva, Fernandinho, Riyad Mahrez, dan Leroy Sane menjadi penyumbang gol City di laga ini.

Berkat kemenangan ini, untuk sementara City merangsek naik ke puncak klasemen sementara Premier League dengan raihan 23 poin dan mengamankan tren positif berupa sembilan laga tanpa kekalahan di kompetisi liga. Burnley sendiri, akibat kekalahan ini, harus tertahan di peringkat 13 dengan raihan 8 poin.

City kembali turun dengan para pemain kunci mereka. Ada Sergio Aguero di lini depan, diapit oleh Riyad Mahrez, David Silva, dan Leroy Sane di lini kedua. Bernardo Silva dan Fernandinho menjadi metronom, menemani Vincent Kompany dan Aymeric Laporte yang mengawal lini pertahanan.

Sementara itu, Burnley menerapkan susunan pemain yang cukup klasik. Sean Dyche menerapkan formasi 4-4-1-1. Sam Vokes sebagai penyerang tunggal, diapit Jeff Hendrick di belakangnya. Lini tengah diisi Jack Cork dan Steven Defour, sedangkan lini pertahanan dikawal oleh James Tarkowski dan Ben Mee. Charlie Taylor, Matthew Lowton, Aaron Lennon, dan Johanan Gudmundsson diserahi tugas menyisir sayap.

Sedari babak pertama, dengan kualitas skuat yang sedikit berbeda, City langsung menghadirkan tekanan ke lini pertahanan Burnley. Lewat pergerakan dari Leroy Sane dan Bernardo Silva, City menyerang pertahanan Burnley yang bermain cukup rapat dengan formasi 4-4-1-1 tersebut.

Pertahanan yang rapat ini sempat membuat City sempat kesulitan mencetak gol. Gol sendiri bagi City baru tercipta pada menit 17, setelah kerja sama apik Sane, David Silva, dan Aguero berbuah gol yang sukses dibukukan oleh Aguero. Skor 1-0 untuk keunggulan Manchester City.

Tertinggal, Burnley masih menerapkan cara bermain yang tidak jauh berbeda dengan saat mereka belum tertinggal dari City. Pertahanan rapat masih menjadi kunci, dengan serangan yang bertumpu pada sayap, terutama lewat pergerakan-pergerakan dari Lennon. Cara bermain Burnley ini membuat City, meski unggul, sulit mengembangkan permainan.

Secara statistik, di babak pertama ini City menguasai bola dengan persentase 77% berbanding 23%. Mereka juga mencatatkan tembakan yang lebih banyak, yakni 6 berbanding 2. Walau begitu, mereka sulit menambah keunggulan di sisa waktu babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan City bertahan sampai babak pertama usai.

Masu kembaliturun dengan para pemain kunci mereka. Ada Sergio Aguero di lini depan, diapit oleh Riyad Mahrez, David Silva, dan Leroy Sane di lini kedua. Bernardo Silva dan Fernandinho menjadi metronom, menemani Vincent Kompany dan Aymeric Laporte yang mengawal lini pertahanan.

Hasilnya, pertahanan Burnley yang kuat pun tak mampu lagi menahan gempuran para pemain City. Dua gol sukses ditambah oleh "The Citizens", yaitu lewat Bernardo Silva pada menit 54 dan Fernandinho pada menit 56. Khusus untuk gol Bernardo Silva, ada andil David Silva di situ. Skor 3-0 untuk keunggulan City.

Usai menambah keunggulan, City tidak menurunkan intensitas serangan mereka. Bahkan, tiga pemain dengan nafas menyerang yang apik, yakni Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus, dan Phil Foden, dimasukkan oleh Pep Guardiola pada menit 58, 66, dan 75. Dengan masuknya tiga pemain ini, Pep bertujuan untuk menjaga intensitas dari serangan Manchester City.

Namun, Burnley juga tidak mau kalah. Ashley Westwood dan Chris Wood dimasukkan pada menit 69 dengan tujuan serupa: meningkatkan intensitas tekanan Burnley. Tidak hanya itu, Ashley Barnes juga dimasukkan pada menit 75 dengan tujuan serupa. Minimal, mereka berusaha untuk memperkecil ketertinggalan.

Efek dari pergantian pemain ini justru dirasakan oleh City. Serangan mereka jadi lebih bertenaga dan semakin cair. Hasilnya, pada menit 83, Mahrez sukses menambah keunggulan City menjadi 4-0 lewat sepakan melengkungnya. Burnley semakin terjepit, apalagi pada menit 90, City sukses kembali menambah skor lewat sepakan Sane. City unggul 5-0.

Sampai pertandingan usai, keunggulan City atas Burnley ini tetap terjaga. City sukses mempertahankan tren positif mereka di ajang Premier League musim 2018/19.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23