• 1

Barcelona Punya Dua Pemain Baru, Valverde Semakin Percaya Diri

Barcelona Punya Dua Pemain Baru, Valverde Semakin Percaya Diri


Ernesto Valverde

Valverde dianggap cocok untuk Barcelona. (Foto: Albert Gea/Reuters)
Mengatakan Barcelona adalah tim terbaik di dunia memang hal yang cukup relatif, apalagi gelar terbaik itu sendiri memang kerap bersifat subjektif, tergantung dari pemikiran masing-masing orang. Tapi jika Ernesto Valverde yang mengatakannya, itu tampak sah-sah saja.
Seiring dengan kekalahan yang diderita oleh Real Madrid dalam laga melawan Villarreal, serta enam poin selisih mereka dengan tim peringkat kedua, Atletico Madrid, Barcelona sedang berada dalam jalur yang benar untuk menjuarai ajang La Liga musim 2017/18. Di ajang Liga Champions, mereka juga masih punya peluang untuk menjadi juara.
Meski berada dalam kondisi yang cukup menguntungkan, bukan berarti Barcelona berdiam diri saja. Mereka tetap aktif bergerak dalam bursa transfer musim dingin. Dua nama berhasil didaratkan, yaitu Philippe Coutinho dari Liverpool dan Yerry Mina dari Palmeiras. Terkhusus untuk Coutinho, dia didatangkan dengan mahar yang tidak sedikit, yakni 160 juta euro.


Dengan kekuatan skuatnya yang mumpuni, ditambah dengan kedatangan kedua pemain tersebut, rasa percaya diri membuncah dalam diri Ernesto Valverde. Jelang menghadapi Real Sociedad pada Senin (15/1) dini hari, Valverde pun mengungkapkan kepercayaan dirinya soal kekuatan skuat yang dimiliki.
"Saya sangat senang dengan pemain yang saya miliki, baik itu pemain yang sudah ada sejak musim panas kemarin, dan juga dua pemain yang baru saja datang pada musim dingin ini. Saya kira Barca adalah team yang bagus, dan sekarang saya bisa mengatakan bahwa Barcelona adalah tim terbaik di dunia," ungkap Valverde dikutip dari Goal.
Namun khusus untuk dua pemain barunya ini, tampaknya kesempatan belum akan datang bagi mereka dalam laga melawan Real Sociedad nanti. Coutinho belum bisa bermain karena masih mengalami cedera paha. Sedangkan bagi Mina, tampaknya pelatih yang juga pernah menangani Athletic Bilbao itu memiliki penilaiannya sendiri soal pemain berusia 23 tahun tersebut.
"Dia (Mina) adalah pemain yang kerap maju menyerang. Dia juga punya kemampuan duel udara yang baik dan juga memiliki kemampuan bertahan yang baik. Sekarang kami sedang melihat bagaimana caranya beradaptasi. Itu adalah hal terpenting. Dia bisa melakukan apapun, saya percaya itu," ujar Valverde dikutip dari Soccerway.
"Kapan dia akan melakukan debut? Saya tidak tahu. Kami harus mellhat keadaannya terlebih dahulu. Dia masih harus banyak berlatih dengan tim utama. Kami memiliki gaya bermain sendiri dan dia harus beradaptasi akan hal tersebut. Itu (beradaptasi) memang tidak mudah, apalagi dia pemain bertahan," tambahnya.


Selain penambahan dua pemain anyar, memasuki pertengahan kedua musim 2017/18, Barcelona harus kehilangan satu pemain yang dipinjamkan ke klub Turki, Istanbul Beseksehir selama dua setengah tahun, Arda Turan. Pemain asal Turki tersebut memang gagal menunjukkan sinarnya selama berseragam Barcelona sehingga Valverde pun jarang memakainya.
"Arda (Turan) adalah pemain berbakat. Dia sudah menunjukkan bakatnya, baik itu ketika dia bermain di Atletico (Madrid) ataupun di Barcelona. Mungkin dia tidak banyak mendapatkan kesempatan tahun kemarin (2017). Saya pun tidak bisa berkata banyak tentang hal tersebut (Arda jarang dimainkan)," ungkapnya.
Melihat penambahan skuat yang dilakukan Barcelona pada pertengahan musim 2017/18 ini, serta adanya pemain yang juga memutuskan pergi, menarik untuk memerhatikan posisi mereka di akhir musim kelak. Akankah mereka menjadi juara dan menjadi tim terbaik seperti yang Valverde ungkapkan?



Sepak BolaSportsLiga SpanyolFC BarcelonaErnesto Valverde

presentation
500

Baca Lainnya