kumparan
10 Jul 2018 5:08 WIB

Barcelona Resmikan Kedatangan Arthur dari Gremio

Gelandang muda Brasil, Arthur Melo. (Foto: AFP/Jefferson Bernardes)
Barcelona tak perlu waktu lama untuk mencari pengganti dari Paulinho. Pada Selasa (10/7/2018) dini hari WIB, Barcelona mengumumkan kedatangan gelandang anyar yang juga sama-sama dari Brasil, Arthur Henrique Ramos de Oliveira Melo atau akrab disapa Arthur, dari Gremio.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, Barcelona dan Gremio sudah sepakat akan transfer Arthur sejak Maret lalu. Namun, baru saat ini pemain berusia 21 tahun itu diumumkan oleh Blaugrana.
Arthur datang ke Barcelona dengan banderol sebesar 30 juta euro plus bonus 9 juta euro. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu dikontrak selama enam musim ke depan dengan buy out clause mencapai 400 juta euro.
Dalam situs resmi Barcelona, Arthur dikatakan memiliki kelebihan dalam hal operan. Arthur juga sangat cocok sekali dengan Barcelona karena biasa bermain operan pendek dan cepat.
Selain itu, Arthur juga piawai dalam membantu serangan. Dirinya bisa sangat berbahaya ketika berada di dekat kotak penalti lawan. Tidak hanya itu, pemain asal Brasil ini juga sangat cermat dalam melindungi bola.
ADVERTISEMENT
Ya, catatan Whoscored juga memperlihatkan bagaimana cemerlangnya Arthur dalam urusan passing. Rata-rata operan per pertandingannya saja mencapai 88 dengan tinglat akurasi mencapai 94,8%. Arthur juga sukses melakukan rata-rata umpan kunci sebesar 1,4 per laganya. Dalam tujuh pertandingan musim ini bersama Gremio, Arthur sudah mengemas 1 gol dan 1 assist.
Dalam urusan bertahan, Arthur tak kalah ciamik. Rata-rata intersep Arthur per laganya mencapai 2,4. Begitu juga dengan tekel dan sapuannya yang mencapai 0,6 dan 0,3 per partainya.
Masalah pencapaian, pemain kelahiran 12 Agustus 1996 juga apik. Arthur sukses mengantarkan Gremio menjadi juara Copa do Brasil dan Copa Libertadores. Memang, hingga saat ini belum ada penampilan kompetitif bersama Timnas Senior Brasil untuk Arthur, meski begitu Arthur sudah malang melintang bersama Brasil U-17 dan U-20.
ADVERTISEMENT
Nah, di Barcelona nanti Arthur memang belum pasti masuk skuat utama. Pemain berusia 22 tahun ini harus bisa menggeser posisi Sergio Busquest dan Ivan Rakitic yang barang tentu menjadi pilihan utama Ernesto Valverde.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·