Pencarian populer

Batshuayi dan Goetze Bawa Dortmund Taklukkan Hamburger SV 2-0

Pemain Dortmund merayakan gol. (Foto: Reuters/Leon Kuegeler )

Borussia Dortmund berhasil meneruskan tren postitif mereka di Bundesliga dengan mengalahkan Hamburger SV 2-0 di Signal Iduna Park, pada pekan ke-22, Sabtu (10/2/2018).

Kemenangan Dortmund dipastikan lewat gol Michy Batshuayi di menit ke-49 dan Mario Goetze di menit 92, yang sekaligus menjadi kemenangan beruntun mereka di tiga laga teranyar.

Adapun, dengan hasil ini, skuat besutan Peter Stoeger berhasil naik ke posisi tiga klasemen sementara dengan koleksi 37 poin. Sementara itu, Hamburger yang belum meraih kemenangan di sembilan partai terakhir, tak beranjak dari posisi ke-17 dan mengumpulkan 17 angka.

Pada laga kandang kali ini, Dortmund tampil dengan menurunkan pakem 4-2-3-1. Marco Reus yang sudah bisa bermain, dipasangkan dengan Christian Pulisic dan Andre Schuerlle untuk menopang Michy Batshuayi di lini serang. Sementara tim tamu turun dengan pola lebih terbuka 3-4-1-2. Bobby Shou Wood dan Filip Kostic diduetkan sebagai penyerang.

Dengan formasi tersebut dan kembalinya Reus, Dortmund tetap gagal menguasai pertandingan di babak pertama. Sebaliknya, Hamburger bisa meredam beragam upaya penyerangan yang coba dibangun Dortmund.

Kondisi ini membuat Die Borrusen sangat kesulitan menembus kotak penalti Hamburger, yang menyebabkan mereka sangat minim peluang. Terhitung, hanya dua percobaan yang dilakukan mereka dari kaki Schuerrle, tapi upaya eks pemain Chelsea itu masih jauh dari sasaran.

Kondisi berbeda justru dialami oleh tim tamu. Selain mampu meredam serangan Dortmund di lini tengah, Hamburger juga bisa tampil lebih cair di laga ini. Beberapa percobaan mengarah gawang dari Kostic, sempat membuat Roman Buerki jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Gol Michy Batshuayi. (Foto: Reuters/Leon Kuegeler)

Memasuki paruh kedua, Dortmund mulai memperbaiki skema penyerangan mereka. Hasilnya, baru empat menit babak kedua berjalan, tuan rumah berhasil membuka keunggulan lewat gol Batshuayi. Berawal dari aksi individu Pulisic, pemain asal Amerika Serikat itu mampu mengrimkan umpan terobosan yang bisa dimaksimalkan dengan baik oleh Batshuayi untuk merobek jala Christian Mathenia.

Usai gol ini, Dortumund kian meningkatkan tempo pertandingan mereka menjadi lebih cepat dibandingkan babak pertama. Alhasil, para pemain Hamburger yang terpancing untuk ikut bermain terbuka membuat celah yang bisa dimanfaatkan Dortmund melakukan serangan.

Berkali-kali peluang emas yang diperoleh dari percobaan Schuerrle, Pulisic, dan Mahmoud Dahoud merepotkan lini belakang Hamburger. Beruntung, mereka masih memiliki Christian Mathenia yang tampil apik menyelamatkan gawangnya.

Meski terus diserang, tim tamu pun tak kekurangan peluang untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, ciamiknya Buerki di bawah mistar gawang Dortmund selalu bisa menggagalkan percobaan dari Andre Hahn dan Jann-Fiete Arp.

Terlalu asyik mengejar ketertinggalan, Hamburger justru kembali kecolongan di perpanjangan waktu babak kedua. Kali ini, Mario Goetze yang masuk menggantikan Reus, berhasil memaksimalkan umpan terobosan Schuerlle dan membuat keunggulan Dortmund bertambah menjadi 2-0, yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: