kumparan
22 Mar 2019 4:59 WIB

Belanda dan Belgia Menang di Laga Perdana Kualifikasi Piala Eropa 2020

Pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Belanda dan Belarusia Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Tim Nasional (Timnas) Belanda dan Belgia sama-sama berhasil meraih kemenangan di pertandingan perdana kualifikasi Piala Eropa 2020 yang mereka jalani, Jumat (22/3/2019) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Belanda mampu mengatasi Belarusia dengan skor telak 4-0. Di satu sisi, Belgia mengalahkan Rusia dengan skor 3-1.
***
Kendati ‘hanya’ menghadapi Belarusia, Belanda tampil dengan kekuatan penuh. Duo bek tengah terpanas di Eropa saat ini, Matthijs De Ligt dan Virgil van Dijk menjadi tembok di lini pertahanan. Trio Georginio Wijnaldum, Marten De Roon dan Frenkie De Jong menghuni lini tengah. Lini depan skuat asuhan Ronald Koeman ini dikomandoi oleh Memphis Depay.
Di antara bintang-bintang Belanda tersebut, Depay menjadi pemain yang paling bersinar di laga kali ini. Penggawa Olympique Lyonnais tersebut berkontribusi pada semua gol yang diciptakan Belanda di laga melawan Belarusia ini.
Depay memperlihatkan kebolehannya sejak menit pertama pertandingan ini. Pemain bernomor punggung 10 tersebut berhasil mengintersep operan buruk bek Belarusia, Igor Shitov. Setelah itu, Depay berhasil mengecoh kiper lawan dan menceploskan bola ke gawang lawan.
ADVERTISEMENT
Hanya butuh waktu 20 menit bagi Depay untuk kembali menunjukkan kehebatannya. Di menit ke-21, ia mengirimkan umpan cantik yang berhasil diselesaikan oleh Wijnaldum. Gol gelandang milik Liverpool ini menjadi gol terakhir yang tercipta di babak pertama.
Memphis Depay tampil gemilang di laga melawan Belarusia. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Di babak kedua, penampilan fenomenal Depay makin menjadi-jadi. 10 menit seusai sepak mula babak kedua berlangsung, Depay berhasil mencetak gol keduanya lewat titik putih setelah Wijnaldum dijatuhkan oleh Mikhail Sivakov.
Mantan penggawa Manchester United ini nyaris mendapatkan hattrick setelah beberapa kali mendapatkan peluang. Alih-alih mencetak gol tambahan, Depay justru membuktikan bahwa ia juga kreator yang ulung.
Di menit ke-86, umpan silang yang dikirimkan Depay berhasil ditanduk dengan sempurna oleh Van Dijk. Dua gol dan dua assist yang dikreasikan oleh Depay berhasil membawa Oranje menang dengan skor 4-0 atas Belarusia.
ADVERTISEMENT
Dua Gol Hazard Bawa Belgia Menang atas Rusia
Jika Depay menjadi bintang di pertandingan Belanda versus Belarusia, Eden Hazard menjadi penampil terbaik di laga Belgia melawan Rusia. Dua gol berhasil ditorehkan oleh kapten Belgia tersebut di laga ini.
Belgia, yang diperkuat pemain top macam Hazard, Dries Mertens, dan Jan Vertonghen, berhasil membuka pertandingan dengan baik. Di menit ke-14, gelandang muda Youri Tielemans mampu mencetak gol bagi Belgia lewat tendangan jarak jauh mendatar.
Namun, Rusia berhasil menyamakan kedudukan dengan instan. Selang dua menit dari gol Tielemans, Denis Cheryshev berhasil membobol gawang Belgia, memanfaatkan blunder Thibaut Courtois.
Pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Belgia dan Rusia Foto: REUTERS/Francois Lenoir
Dari sinilah, Hazard sebagai kapten tim berhasil membangkitkan rekan setimnya. Penggawa Chelsea tersebut membawa Belgia kembali unggul lewat eksekusi penalti di menit ke-45. Hazard pribadilah yang memenangkan penalti tersebut setelah dijatuhkan oleh Yuri Zhirkov.
ADVERTISEMENT
Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 bagi Belgia.
Di babak kedua, Belgia yang dikomandoi Hazard berhasil memegang kendali. Kendati begitu, alotnya pertahanan Rusia menyulitkan skuat asuhan Roberto Martinez untuk mencetak gol tambahan. Di satu sisi, Rusia pun tak memiliki daya gedor yang mumpuni untuk menyamakan kedudukan.
Pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Belgia dan Rusia Foto: REUTERS/Francois Lenoir
Pada akhirnya, gol baru tercipta dua menit sebelum waktu normal usai. Hazard, tentu saja, menjadi penentu kemenangan Belgia lewat sontekannya memanfaatkan sodoran Michy Batshuayi.
Alih-alih menyamakan kedudukan, petaka justru menimpa Rusia. Gelandang muda andalan tuan rumah Piala Dunia 2018 ini, Aleksandr Golovin, menerima kartu merah setelah tersulut emosinya dan menendang Mertens. Rusia pun mesti takluk dari Belgia dengan skor 1-3.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan