kumparan
6 Jun 2019 11:52 WIB

Benarkah Sterling Jadi Kapten Inggris di Laga Kontra Belanda?

Selebrasi Raheem Sterling di laga vs Rep. Ceko. Foto: Reuters/Carl Recine
Persiapan Timnas Inggris agak terganggu menjelang semifinal UEFA Nations League menghadapi Belanda, Jumat (7/6/2019) dini hari WIB. Gara-garanya adalah wacana tentang sosok kapten armada 'Tiga Singa'.
ADVERTISEMENT
Semua bermula dari keterangan agensi pemain yang menaungi Sterling, Colossal Sports Management, pada Selasa (4/6). Disebutkan bahwa penggawa Manchester City itu akan mengenakan ban kapten di pertandingan kontra Belanda.
Padahal, pihak yang berhak memberikan pengumuman tersebut adalah Federasi Sepak Bola Inggris (FA). Sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari FA terkait siapa kapten Inggris, apakah tetap Harry Kane atau berpindah ke Sterling.
So, ada etika yang dilanggar oleh Colossal Sports Management. Oleh karenanya, Sterling merasa perlu melayangkan permintaan maaf.
"Saya bangun dengan rasa marah. Karena belum ada komunikasi dengan Southgate atau siapa pun di agensi saya tentang hal ini. Jadi, saya merasa aneh untuk memulai hari dengan kabar tentang ban kapten," kata Sterling seperti dikutip dari Sky Sports.
ADVERTISEMENT
Southgate dalam konferensi pers jelang laga Inggris vs Rep. Ceko. Foto: Reuters/John Sibley
"Untungnya, saya langsung melihat Southgate di lorong tepat setelah menelepon perwakilan agensi. Saya harus meminta maaf dan mengklarifikasi bahwa saya tak mengetahui dari mana berita ini," ujarnya.
Apakah itu berarti ban kapten Timnas Inggris tak akan melingkar di lengan Sterling pada semifinal UEFA Nations League? Belum tentu. Pasalnya, kondisi terkini Timnas Inggris memungkinkan skenario tersebut.
Memang ada nama Kane dan Jordan Henderson selaku deputi kapten di daftar skuat yang dipanggil Southgate. Namun, keduanya telat bergabung seusai mengarungi final Liga Champions, Minggu (2/6) lalu. Alhasil, proses integrasi mereka terhadap tim diprediksi tak maksimal.
Harry Kane meratapi kegagalan. Foto: Reuters/Carl Recine
Di sisi lain, Southgate masih merahasiakan kans Kane dan Henderson menjelang pertandingan nanti. Karena apabila muncul pemberitahuan bahwa Kane-Henderson tak bermain dan Sterling bakal menjadi kapten, itu akan menjadi informasi berharga untuk kubu Belanda.
ADVERTISEMENT
"Saya tidak mau membahas tentang ban kapten. Harry Kane adalah kapten kami. Jika dia tidak bermain, maka saya harus mengambil keputusan," ucap Southgate.
"Jika mengonfirmasi siapa yang bermain selain Sterling, saya malah membantu Ronald Koeman (pelatih Belanda, red) untuk melakukan separuh tugasnya," katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·