Pencarian populer

Buah City Juara Piala FA: Wolverhampton Lolos ke Liga Europa 2019/20

Para pemain Wolverhampton merayakan gol ke gawang Arsenal. Foto: Eddie Keogh/Reuters

Manchester City berhasil mengangkat trofi Piala FA keenamnya setelah memukul Watford 6-0, Sabtu (18/5/2019) di Wembley. Bukan cuma The Citizens beserta para penggemarnya yang bergembira atas raihan tersebut, melainkan juga Wolverhampton Wanderers. Ya, mereka ketiban untung karena bakal mentas di Liga Europa musim depan. Lha, kok bisa?

Begini, pada dasarnya hanya ada tiga slot Liga Europa untuk klub Premier League. Satu untuk tim yang finis di peringkat kelima, sementara dua sisanya untuk juara Piala Liga dan Piala FA.

Menurut peraturan UEFA, tiket ke Liga Europa tak bisa dihibahkan kepada runner-up kedua ajang tersebut. Slot Liga Europa musim depan akan dilimpahkan kepada tim Premier League yang finis di posisi keenam dan ketujuh.

Manchester United yang menduduki peringkat keenam lebih dulu memastikan diri berlaga di Liga Europa musim depan karena City sukses menjuarai Piala Liga Februari lalu.

Skenario semacam ini yang menimpa Wolves. Klub yang baru saja promosi dari Divisi Championship itu berhak mendapatkan satu slot di Liga Europa karena finis di peringkat ketujuh di klasemen akhir Premier League--karena tiket tersebut tak bisa dihibahkan kepada Watford selaku runner-up Piala FA.

Begitulah, Wolves akan memulai petualangannya di Liga Europa dari kualifikasi babak kedua, atau tiga fase sebelum babak grup.

Bukan urusan yang mudah, sebab mereka bakal bersaing dengan klub papan atas di liga-liga Eropa lainnya. Sebagai gambaran, Eintracht Frankfurt, Espanyol, dan Sparta Prague juga bakal bertarung dari kualifikasi babak kedua.

Ngomong-ngomong soal kiprah Wolves di kompetisi Eropa, ini bukanlah yang perdana bagi mereka--terakhir kali pada musim 1980/1981 silam.

Klub yang bermarkas di Molineux Stadium itu pernah berpartisipasi European Cup (kini Liga Champions) edisi 1958/59. Meski akhirnya mereka harus angkat koper lebih cepat setelah takluk dari Schalke 04 di babak pertama.

Peruntungan Wolves membaik semusim berselang. Mereka sukses menembus babak perempat final usai mengalahkan raksasa asal Yugoslavia, Red Star Belgrade. Sayang, laju Wolves terhenti setelahnya usai dilibas Barcelona dengan skor telak, 2-9.

Sementara di panggung Piala UEFA (cikal bakal Liga Europa), Wolves tercatat telah empat kali turut serta. Edisi 1971/72 jadi pencapaian terbaik mereka. Wolves sukses menyingkirkan Juventus serta jagoan Hongaria, Ferencvaros, dan melaju ke babak final. Hingga akhirnya mereka kandas dari Tottenham Hotspur di partai puncak.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61