kumparan
7 Jan 2019 22:57 WIB

Callum Hudson-Odoi Telah Berhasil Yakinkan Maurizio Sarri

Callum Hudson-Odoi di pertandingan Chelsea vs Nottingham Forest. (Foto: Reuters/Eddie Keogh)
November 2018 silam Maurizio Sarri pernah berkata bahwa dia tidak yakin apakah Callum Hudson-Odoi sudah siap untuk tampil reguler di level senior. Namun, menyusul penampilan cemerlang si pemain kala Chelsea menaklukkan Nottingham Forest di Piala FA, Sabtu (5/1/2019) lalu, pendirian Sarri berubah.
ADVERTISEMENT
Seiring dengan berita kedatangan Christian Pulisic ke Chelsea, nama Hudson-Odoi ikut terangkat ke permukaan. Kedatangan pemain Amerika Seriikat itu pada musim panas mendatang diprediksi bakal membuat kesempatan Hudson-Odoi untuk berprogres terhambat.
Musim 2018/19 ini menjadi musim di mana Hudson-Odoi secara resmi dipromosikan ke tim utama Chelsea. Akan tetapi, pada paruh pertama musim remaja 18 tahun itu hanya tampil di ajang Liga Europa. Ketidaksiapan Hudson-Odoi, kata Sarri, adalah alasan di balik terbatasnya menit bermain sang pemain sayap.
Kendati demikian, minimnya jam terbang Hudson-Odoi tak membuatnya kehilangan peminat. Tak tanggung-tanggung, Bayern Muenchen dikabarkan rela mengeluarkan uang sampai 30 juta poundsterling untuk mendatangkan pemain kelahiran 7 November 2000 itu.
Di tengah ramainya kabar kepindahan Hudson-Odoi dari Chelsea, Sarri pun akhirnya bersedia memberi kesempatan bagi si pemain. Pada pertandingan Premier League menghadapi Watford, akhir Desember 2018, Hudson-Odoi akhirnya menjalani debut di liga. Kemudian, pada laga Piala FA menghadapi Forest, Hudson-Odoi menjadi starter.
ADVERTISEMENT
Laga melawan Forest jadi titik di mana Sarri akhirnya percaya terhadap kemampuan Hudson-Odoi. Pada pertandingan tersebut Hudson-Odoi mencatatkan dua assist untuk dua gol Alvaro Morata.
"Kupikir sekarang dia sudah siap [untuk bermain di pertandingan yang lebih besar]," kata Sarri seperti dikutip dari laman resmi klub. "Kami punya pemain-pemain penting di posisi yang sama sehingga kalian ingin Willian [Borges] dicadangkan, begitu? Atau Pedro [Rodriguez]? Aku cuma bisa bermain dengan dua pemain sayap."
"Bermain dengan tiga pemain sayap sebenarnya bisa-bisa saja tetapi sulit. Sekarang dia sudah siap. Dia akan bermain tetapi ada kalanya dia juga akan dicadangkan seperti halnya Willian dan Pedro. Yang jelas, sekarang aku sudah melihat mereka semua setara," lanjut Sarri.
ADVERTISEMENT
Dengan situasi yang ada sekarang Sarri percaya bahwa masa depan Hudson-Odoi memang ada di Chelsea. Sarri pun meminta agar Hudson-Odoi yang sisa kontraknya tinggal 18 bulan itu untuk bertahan. "Dia masih sangat muda dan masa depannya akan sangat cerah, baik dengan tim nasional maupun dengan Chelsea. Maka dari itu, kupikir bertahan di sini akan lebih baik baginya," kata sang pelatih.
"Yang kutahu, bagiku dia adalah pemain yang sangat penting. Dia masih sangat muda tetapi dia terus mengalami peningkatan, terutama di fase bertahan. Aku sangat gembira dengan pencapaiannya. Aku tidak tahu bagaimana situasinya dengan klub, tetapi bagiku dia adalah pemain penting," pungkas Sarri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan