kumparan
16 Agu 2019 20:09 WIB

Cedera Hamstring, Hazard Terancam Absen di Laga Perdana La Liga

Pemain baru Real Madrid, Eden Hazard, beraksi di hadapan para suporter Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, Spanyol. Foto: Reuters
Bintang anyar Real Madrid, Eden Hazard, terancam absen di pertandingan perdana La Liga melawan Celta Vigo, Sabtu (17/8/2019), malam WIB. Hazard didiagnosis mengalami cedera hamstring.
ADVERTISEMENT
Kabar cederanya Hazard ini disampaikan langsung via situsweb resmi Madrid. Namun di pernyataan tersebut, Madrid belum merinci cedera gelandang serang asal Belgia tersebut.
“Setelah menjalani tes seusai latihan, Eden Hazard didiagnosis mengalami cedera pada anterior rectus (hamstring) di paha kanannya. Hazard masih akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” berikut pernyataan yang Madrid tulis.
Merujuk pada cederanya, besar kemungkinan Hazard absen di laga melawan Celta. Pasalnya, pemain yang mengalami cedera hamstring biasanya membutuhkan waktu tiga sampai empat minggu untuk benar-benar sembuh.
Performa Hazard di uji tanding pramusim Madrid, sebenarnya, tidak terlalu memuaskan. Dari tujuh pertandingan, ia hanya mampu menciptakan satu gol. Itu pun diciptakan kala melawan tim yang tak benar-benar sebanding dengan Madrid, yaitu RB Salzburg.
ADVERTISEMENT
Hazard juga sempat mengundang pertanyaan setelah kembali liburan dengan perut buncit. Presiden Madrid, Florentino Perez, bahkan dikabarkan geram dengan kondisi pemainnya itu.
Meskipun begitu, memandang sebelah mata peran Hazard di Madrid adalah sebuah kesalahan. Saat ini, bisa dibilang ia adalah bintang terbesar Madrid. Nomor punggung 7 yang diembannya—yang sebelumnya dikenakan Cristiano Ronaldo--menjadi salah satu indikasi.
Zinedine Zidane tampaknya juga begitu memercayai Hazard. Pelatih asal Prancis itu bahkan berani menyatakan bahwa penampilan Hazard di pramusim cukup memuaskan.
“Saya bahagia dengan Hazard dan pemain baru lainnya. Pramusim sudah selesai, dan menurut saya kami bekerja dengan baik terlepas dari hasilnya. Yang penting adalah kompetisi-kompetisi yang akan kami hadapi. Saya senang dengan Hazard dan semua pemain lainnya,” kata Zidane, dikutip dari Marca.
ADVERTISEMENT
Yang membuat Zidane semakin pening adalah kenyataan bahwa dua pemain Madrid yang bermain di posisi sama dengan Hazard—sisi kiri lini serang—juga mengalami cedera. Yang pertama adalah pemain muda asal Brasil yang baru dibeli dari Santos, Rodrygo Goes. Seperti Hazard, Rodrygo saat ini juga tengah berkutat dengan cedera hamstring.
Pemain yang selanjutnya adalah Marco Asensio. Pemuda berkaki kidal asal Spanyol itu mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) kala Madrid berhadapan dengan Arsenal di partai International Champions Cup (ICC) 2019 (24/7). Akibat cedera itu, Asensio kemungkinan akan absen selama minimal enam bulan.
Tanpa Hazard, Rodrygo, dan Asensio, Zidane mesti memanfaatkan semua pemain depannya yang tersedia saat ini, termasuk dua pemain yang sempat ingin dibuang, James Rodriguez dan Gareth Bale. Zidane pun menegaskan bahwa ia berharap kepada kedua pemain itu.
ADVERTISEMENT
“James saat ini bugar. Saya senang ia berada di tim ini. Sementara, Bale memang sempat akan pergi, tetapi kini ia bersama kami. Saya akan mengandalkannya, seperti saya mengandalkan semua pemain yang ada di sini,” ungkap Zidane.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan