kumparan
21 Mar 2019 7:26 WIB

Cedera Punggung, Trent Alexander-Arnold Mundur dari Timnas Inggris

Alexander-Arnold menawan di debutnya. Foto: Reuters/Ralph Orlowski
Badai cedera tak berhenti menghujam Tim Nasional (Timnas) Inggris. Kali ini, giliran bek kanan muda, Trent Alexander-Arnold, yang mesti mundur dari skuat Inggris untuk jeda internasional pekan ini karena cedera punggung.
ADVERTISEMENT
Alexander-Arnold termasuk ke dalam 23 daftar pemain yang telah dipilih Gareth Southgate untuk pertandingan Inggris di laga kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Republik Ceko dan Montenegro. Sayangnya, bek kanan ini harus absen dan kembali ke klubnya, Liverpool untuk menjalani pemulihan.
“Alexander-Arnold mengundurkan diri dari skuat Inggris dan kembali ke Liverpool. Sang bek kanan tiba ke skuat dengan cedera punggung. Meski menunjukkan progres yang baik, Alexander-Arnold dinilai tak mampu untuk mengambil peran di pertandingan yang akan datang," begitu pernyataan yang tertulis di situs resmi FA Inggris menyoal Alexander-Arnold.
"Pemain berusia 20 tahun ini akan melanjutkan rehabilitasinya bersama klubnya, meninggalkan skuat Inggris dengan 22 pemain."
Seperti yang tertulis di rilis tersebut, Alexander-Arnold memang hadir ke dalam skuat The Three Lions sembari mengalami cedera. Usut punya usut, cedera tersebut telah dialami bek kanan jago eksekusi bola mati ini sejak Liverpool mengalahkan Burnley hari Minggu (10/3) lalu.
ADVERTISEMENT
Tanpa keberadaan Alexander-Arnold, Southgate kemungkinan akan menggunakan penggawa Tottenham Hotspur, Kieran Trippier, untuk mengisi pos wingback kanan Inggris. Inggris sebenarnya masih memiliki sosok yang lebih berpengalaman dalam diri Kyle Walker. Namun, bek Manchester City tersebut lebih sering diutilisasi sebagai bek tengah dalam skema tiga bek yang diterapkan Southgate.
Inggris juga sebenarnya memiliki kesempatan untuk memanggil bek kanan muda berkualitas milik Crystal Palace, Aaron Wan-Bissaka. Wan-Bissaka sejauh ini tampil gemilang di Premier League, mencatatkan rata-rata empat tekel dan 2,2 intersep per pertandingan.
Wan-Bissaka (29) tampil gemilang di musim ini. Foto: REUTERS/David Klein
Namun, menurut laporan Dominic Fifield dari The Guardian, Southgate ingin Wan-Bissaka difokuskan ke Timnas U-21 Inggris. Timnas U-21 Inggris memang akan menghadapi Piala Eropa di bulan Juni nanti, dan kini mereka akan melakoni beberapa laga uji coba.
ADVERTISEMENT
Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel ini, Alexander-Arnold memang bukan satu-satunya pemain Inggris yang mundur dari skuat untuk kualifikasi Piala Eropa 2020 ini karena cedera. Sebelum bek kanan berusia 20 tahun ini, ada dua pemain Manchester City, Fabian Delph dan John Stones, Luke Shaw dari Manchester United, dan penggawa Chelsea, Ruben Loftus-Cheek, yang menarik diri karena cedera.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan