kumparan
2 Jan 2019 18:39 WIB

Chelsea Gaet Pulisic, Bagaimana Nasib Hudson-Odoi?

Hudson-Odoi berpotensi bersinar musim depan. (Foto: VALERY HACHE / AFP)
Baru satu hari dibuka, bursa transfer Januari sudah diramaikan oleh transfer besar. Pemain sayap Borussia Dortmund asal Amerika Serikat, Christian Pulisic, diakuisisi Chelsea dengan mahar senilai 58 juta poundsterling. Pulisic sendiri baru akan hijrah ke London pada awal musim 2019/2020 mendatang.
ADVERTISEMENT
Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, akhirnya mendapatkan apa yang ia inginkan. Ya, tak lama sebelum peresmian transfer pemain 20 tahun itu, Sarri mengungkapkan bahwa ia menginginkan adanya pemain sayap baru di timnya. Pulisic tentu memenuhi kriteria yang diinginkan Sarri. Namun, ada satu pertanyaan besar yang menyusul kedatangan Pulisic.
Namun, bagaimana nasib Callum Hudson-Odoi di Chelsea kelak?
Untuk yang masih belum familiar dengan nama Hudson-Odoi, ia adalah penyerang sayap muda hasil jebolan akademi Chelsea. Pemain yang baru berusia 18 tahun ini boleh jadi merupakan lulusan terbaik akademi Chelsea dalam beberapa tahun terakhir. Ia menjadi bagian dari Timnas Inggris U-17 yang juara dunia tahun 2017 lalu, dan telah melakukan debutnya di tim utama The Blues di tahun yang sama.
ADVERTISEMENT
Di usianya yang masih begitu muda, Hudson-Odoi tentunya masih punya waktu yang panjang untuk menentukan masa depannya. Namun, suporter Chelsea mulai takut bahwa sang wonderkid tak akan menjadi bagian dari tim kesayangan mereka pada beberapa tahun mendatang.
Ada beberapa hal yang jadi penyebabnya. Yang pertama tentu kedatangan Pulisic. Pulisic dan Hudson-Odoi bermain di posisi yang sama, dan menit bermain Hudson-Odoi mungkin akan dialokasikan kepada Pulisic dalam waktu dekat.
Yang kedua adalah situasi kontrak Hudson-Odoi sendiri. Sang pemuda asal London ini hanya menyisakan kontrak satu setengah musim di Chelsea. Situasi ini sudah diendus oleh klub raksasa seperti Bayern Muenchen dan Real Madrid. Bayern sendiri kabarnya bahkan sudah melepaskan tawaran senilai 20 juta poundsterling untuk memboyong Hudson-Odoi ke Bavaria, meski tawaran ini pada akhirnya ditampik Chelsea.
ADVERTISEMENT
Winger Dortmund, Christian Pulisic. (Foto: AFP/Adrian Dennis)
Yang ketiga tentu saja rekam jejak Chelsea yang tidak ramah terhadap pemain muda. Begitu banyak pemain muda potensial The Blues yang tak terpoles talentanya karena minimnya menit bermain yang didapatkan, atau hanya dipinjamkan ke Vitesse Arnhem. Hal ini pun menimpa Hudson-Odoi, yang sejauh musim ini berlangsung, hanya bermain selama 42 menit bagi Chelsea di Liga Primer Inggris dan 317 menit di tim utama.
Masa depan Hudson-Odoi makin abu-abu setelah manajernya menyatakan bahwa tugas utamanya adalah meraih kemenangan. Sarri juga meminta sang pemain muda untuk lebih sabar dan mengembangkan permainannya.
“Saya harus memenangi pertandingan. Saya mengerti bahwa suporter senang melihat pemain muda dari akademi tampil, tetapi saya harus memenangkan pertandingan karena mereka dan petinggi klub juga ingin saya memenangi laga,” ujar Sarri, dikutip dari The Guardian.
ADVERTISEMENT
“Tidak mudah di level seperti ini untuk memainkan pemain muda dari akademi, dan ini terjadi tak hanya di Chelsea, tetapi klub lain juga. Ada satu atau dua pemain akademi di tim utama Barcelona dan Real Madrid, Juventus dan Paris Saint-Germain bahkan tak punya. Kami beruntung kami memiliki Ethan Ampadu, Andreas Christensen, dan Hudson-Odoi.”
“Di Eropa, hanya sedikit pemain berusia 18 tahun ke bawah yang telah bermain setidaknya delapan pertandingan. Hudson-Odoi telah bermain enam atau tujuh pertandingan bersama kami, jadi saya pikir ia beruntung—bagus, lebih tepatnya. Ia memiliki potensi untuk menjadi pemain yang bagus, namun saat ini ia mesti mengembangkan permainannya.”
Sebelum Pulisic bergabung di awal musim depan, Hudson-Odoi masih memiliki waktu untuk berkembang bersama tim utama Chelsea. Namun, pihak klub lah yang memegang keputusan apakah mereka mau memberikan kesempatan pada lulusan akademinya yang terbaik, atau membiarkannya pergi. Satu yang pasti, melihat peminat dan talentanya, rasanya masa depan Hudson-Odoi akan cerah di mana pun ia bermain nanti.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·