Pencarian populer
Coppa Italia: Dwigol Immobile Bantu Lazio Singkirkan Novara
Para pemain Lazio merayakan gol. (Foto: AFP/Tiziana Fabi)
Lazio membuka periode 2019 dengan gemilang. Melakoni babak 16 besar Coppa Italia 2018/19 menghadapi Novara di Stadion Olimpico, Sabtu (12/1/2019) malam WIB, Biancocelesti menang dengan skor 4-1.
Gol-gol kemenangan anak asuh Simone Inzaghi lahir berkat aksi Luis Alberto Romero ('12), dua gol Ciro Immobile (20' & 35') dan Sergej Milinković-Savić (45+3). Sementara tim tamu, hanya mampu memperkecil ketertinggalan via gol Umberto Eusepi (49').
Banyak faktor yang membikin Lazio berjaya di laga kali ini. Terlepas Novara datang dari kompetisi level ketiga atau Serie C, Lazio juga unggul dalam urusan penguasaan bola yakni 70 berbanding 30 serta jumlah tembakan yang menyentuh angka 9--tiga kali lipat dari kuantitas tembakan Novara.
Lazio turun gelanggang dengan pakem 3-5-2 yang kadung menjadi ciri khas Inzaghi. Kendati hanya menghadapi lawan yang cuma mentas di Serie C, pelatih berusia 42 tahun itu menurunkan pilar-pilar tim macam Luiz Felipe, Luis Alberto, Lucas Leiva, dan Ciro Imobile.
Pilihan Inzaghi dalam menurunkan pemain tak salah. Pasalnya, saat laga baru berusia 12 menit, pendukung Lazio sudah bersorak menyambut gol Alberto memanfaatkan umpan Ciro Immobile dengan menempatkan bola ke sudut kiri penjaga gawang Novara, Elia Benedettini.
Unggul satu angka, Lazio yang memanfaatkan sisi sayap dalam mendulang serangan, kembali menambah angka. Kali ini, giliran Immobile yang mencetak gol usai wasit memberikan hadiah penalti karena pemain tengah Novara, Ronaldo Pompeu, kedapatan melanggar Milinković-Savić.
Immobile kembali mencatatakan namanya di papan skor saat laga memasuki menit ke-35. Gol keduanya lahir via kerja sama Alberto dan Jordan Lukaku. Pemilik nama terakhir sukses mengirim umpan di dalam kotak penalti Novara yang dikonversi Immobile menjadi gol.
Jelang turun minum, Lazio kembali menambah pundi-pundi gol. Kali ini Milinković-Savić lewat solo run menutup babak pertama dengan keunggulan Lazio 4-0.
Selebrasi Immobile usai mencetak gol ke gawang Genoa. (Foto: AFP/Tiziana Fabi)

Kembali dari ruang ganti, Novara yang pada babak pertama hanya menyarangkan satu tembakan ke arah gawang via Umberto Eusepi, secara mengejutkan mengubah pola serangan. Anak asuh William Viali itu memilih untuk bermain terbuka di paruh kedua.
Dua menit usai rehat, bola sepakan Eusepi mengenai tangan Luis Filipe. Sempat menuai perdebatan, wasit memilih memanfaatkan Video Asistant Refree (VAR) guna mengambil putusan. Usai menunjuk titik putih, Eusepi yang diutus menjadi algojo Novara berhasil memperkecil kedudukan.
Selepas gol, Novara lagi-lagi mengganti pola serangan mereka yakni dengan bermain bertahan. Bukti sahih itu terpampang mana kala barisan pemain belakang ditumpuk sebanyak delapan pemain.
Atas situasi itu, Lazio yang sudah unggul defisit tiga gol coba merespons dengan melakukan penyegaran melalui pergantian pemain. Mulai dari menit ke-60 Izaghi menarik Lukaku, Alberto dan Adam Marusic untuk digantikan dengan Valon Berisha, Alessandro Mallamo, dan Pedro Neto.
Kendati demikian, Novara yang memainkan sepak bola negatif membikin Lazio tak mampu menambah defisit gol. Beberapa upaya sepakan dari luar kotak penalti juga hanya menyamping di sudut gawang. Alhasil skor 4-1 bertahan hingga laga rampung.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: