kumparan
17 Nov 2018 12:38 WIB

Craig Bellamy: Phil Foden Tak Perlu Ikuti Langkah Jadon Sancho

Aksi Foden di Liga Champions musim 2017/18. (Foto: Oli SCARFF / AFP)
Jadon Sancho sukses menjadi buah bibir dewasa ini. Penampilan apiknya bersama Borussia Dortmund membuatnya meraih banyak hal, termasuk panggilan untuk membela Timnas Inggris di level senior. Phil Foden, pemain Manchester City, sempat disarankan untuk mengambil langkah yang sama dengan Sancho.
ADVERTISEMENT
Foden, bersama dengan Sancho, adalah anggota dari skuat Timnas Inggris U-17 yang sukses menjuarai Piala Dunia U-17 di India tahun lalu. Di ajang tersebut, Foden sukses menjadi pemain terbaik. Di partai final, dia mencetak dua dari lima gol ke gawang Alvaro Fernandez yang mengantarkan Timnas Inggris menang 5-2 atas Spanyol.
Bakat Foden memang ciamik. Per musim 2017/18 silam saja, di tengah menumpuknya para pemain bintang City, pemuda asal Stockport tersebut sukses menembus tim utama, bersama Oleksandr Zinchenko. Musim 2018/19 ini, kepercayaan Pep Guardiola padanya makin besar. Alhasil, 10 penampilan sukses dia torehkan, dengan catatan 1 gol dan 2 assist. Perkembangan Foden bisa dibilang tidak buruk.
Namun, ada sebuah pengandaian bahwa jika Foden mengambil langkah seperti Sancho, mungkin dia akan berkembang lebih pesat lagi. Sancho sendiri, saat Piala Dunia U-17 berlangsung, sudah menjadi bagian dari skuat Dortmund. Musim ini, talenta Sancho semakin terasah di Westfalenstadion.
ADVERTISEMENT
Total, musim ini Sancho mengemas 17 penampilan bersama Borussia Dortmund di semua ajang. Dari 17 laga tersebut, Sancho menorehkan 5 gol dan 8 assist. Torehan ini lebih tinggi daripada Foden, sehingga membuat suara-suara agar Foden segera berpindah ke luar Manchester City, khusunya ke luar Inggris, semakin menggema.
Pendapat berbeda justru diungkapkan oleh Craig Bellamy, mantan pesepak bola yang juga pernah berseragam Manchester City. Menurutnya, dengan situasi yang berbeda, Foden tidak perlu mengambil langkah yang sama seperti Sancho. Dia harus tetap berada di jalannya sekarang.
"Para pemain menyerang itu punya jiwa yang bebas. Anda bisa menempatkan (Jadon) Sancho jauh di area sepertiga akhir, membiarkannya berkreasi di sana. Di area tengah, tempat Foden bermain, ada lebih banyak tanggung jawab yang harus diemban," ujar Bellamy dalam acara 'The Debate' milik Sky Sports.
ADVERTISEMENT
"Dia (Foden) semakin banyak dapat jam main di City. Jangan lupa juga bahwa dia masih sangat, sangat muda. Biarkan dia belajar dari para pemain luar biasa dan juga pelatih yang apik di City. Makanya, menurut saya sekarang dia harus tetap tinggal di City. Dia berada dalam asuhan yang tepat," tambahnya.
Jadon Sancho, Reiss Nelson, Ademola Lookman (Foto: Composite (Reuters, AFP))
Ucapan dari Bellamy ini pun diamini oleh Tim Sherwood, mantan pelatih Tottenham Hotspur. Sherwood mengungkapkan bahwa di City, saat ini memang Foden tidak diasuh oleh orang yang salah. Tapi, Sherwood mengungkapkan bahwa Foden juga tidak mesti menunggu terlalu lama untuk dapat jam terbang. Jika musim depan dia masih jadi pemain pengganti, pergi adalah opsi yang bisa dia pilih.
ADVERTISEMENT
"Untuk saat ini, semua baik-baik saja untuk Jadon (Sancho). Pergi ke Jerman membuatnya berkembang lebih jauh. Sedangkan untuk Phil (Foden), saya percaya bahwa dia berada di bawah asuhan yang tepat, yaitu Pep Guardiola. Pep andal dalam mengembangkan bakat pemain muda," ujar Sherwood.
"Dia (Foden) sedang bermain di klub yang luar biasa dengan para pemain yang luar biasa. Peluang main tentu akan dia dapatkan, tapi itu harus segera dia dapatkan di musim depan. Musim ini boleh dia cari-cari pengalaman, tapi musim depan, dia harus dapat menit bermain lebih banyak. Jika tidak, jangan ragu untuk segera pergi ke luar Manchester City. Dengan status pinjaman pun tak apa-apa," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan