kumparan
8 Agu 2019 5:16 WIB

Dari Hazard untuk Madrid: Gol Perdana

Hazard mencetak gol perdana untuk Madrid. Foto: REUTERS/Leonhard Foeger
Eden Hazard tidak datang ke Real Madrid hanya untuk menghebohkan bursa transfer musim panas 2019. Predikatnya sebagai tulang punggung produktivitas Chelsea memberinya tanggung jawab besar. Hazard mesti menjadi muara serangan yang efektif untuk Madrid.
ADVERTISEMENT
Hazard mulai membuktikan bahwa ia sanggup memikul tanggung jawab seperti itu. Bertanding melawan RB Salzburg pada Kamis (8/8/2019), Hazard akhirnya mengukir gol perdananya untuk Madrid. Gol tunggal yang lahir pada menit ke-19 itu ternyata sudah cukup untuk mengantarkan Madrid pada kemenangan di laga persahabatan.
Lewat serangan balik cepat, Hazard berakselerasi dari lapangan tengah. Kemampuan dribel yang mumpuni memampukan Hazard mencapai ke area sayap kiri sebelum melakukan tusukan. Hazard menyelesaikan rangkaian serangannya lewat tembakan sejauh 20 yard yang tak mampu dibendung kiper Salzburg.
Bermain dalam pakem dasar 3-4-2-1 Madrid, Hazard menjadi ancaman serius bagi lini pertahanan lawan. Kerja samanya dengan Karim Benzema acap merepotkan para penggawa Salzburg.
ADVERTISEMENT
Salah satunya ketika Hazard hampir membobol gawang lawan untuk kali kedua pada menit 39. Memanfaatkan assist Benzema, Hazard melesakkan tembakan kaki kiri dari tengah kotak.
Meski demikian, tidak seluruh eksperimen Zinedine Zidane di laga ini berjalan lancar. Legenda Prancis ini menginstruksikan Eder Militao dan Raphael Varane mengapit Sergio Ramos di lini pertahanan.
Sayangnya, Militao masih kesulitan menemukan koneksi dengan kedua rekannya. Yang ada, Ramos beberapa kali kerepotan membendung serangan lawan. Salah satu buktinya, Salzburg berhasil melepaskan tiga tembakan mengarah gawang.
Para pemain Real Madrid merayakan hat-trick Karim Benzema di final Audi Cup 2019. Foto: REUTERS/Michael Dalder
Catatan positif yang diikuti oleh catatan negatif tadi mempertegas bahwa ada banyak persoalan yang mesti dituntaskan Zidane. Terlebih, Madrid tidak tampil meyakinkan pada 2018/19. Mereka hanya mampu merengkuh gelar juara Piala Dunia Antarklub.
ADVERTISEMENT
Trofi La Liga itu lepas dari genggaman akibat menutup musim di peringkat ketiga. Pun dengan Liga Champions yang hanya sampai di babak 16 besar.
"Saya sangat gembira dengan permainan tim. Kami tampil baik dengan formasi baru. Tapi, ada banyak pekerjaan yang harus kami selesaikan tahun ini. Yang penting kami tetap melakoni pramusim dengan baik. Apalagi, tinggal satu laga sebelum La Liga dimulai. Setahap demi setahap kami siap untuk melakoni musim," jelas Zidane, dilansir ESPNFC.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan