kumparan
31 Des 2018 14:54 WIB

De Bruyne Terancam Absen Lawan Liverpool, City Harus Bagaimana?

De Bruyne usai laga menghadapi Spurs. (Foto: David Klein/Reuters)
Jumat (4/1/2019) dini hari WIB, Manchester City akan menghadapi salah satu pertandingannya di musim ini. Ya, skuat binaan Pep Guardiola akan menjamu pemuncak klasemen Liga Primer Inggris sementara, Liverpool. Kemenangan tentu wajib hukumnya agar asa untuk mempertahankan titel juara tetap terjaga. Namun, City belum pasti diperkuat oleh gelandang andalannya, Kevin De Bruyne.
ADVERTISEMENT
Playmaker asal Belgia ini mengalami cedera sebelum City menang atas Southampton, Minggu (30/12). Cederanya De Bruyne disinyalir adalah sisa dari cedera ligamen yang membuatnya absen panjang sejak Agustus hingga Oktober dan awal November hingga pertengahan Desember lalu.
Kabar mengenai ketersediaan De Bruyne untuk menghadapi Liverpool disampaikan langsung oleh Guardiola. Pelarih asal Spanyol ini enggan untuk mengonfirmasi apakah De Bruyne dapat diturunkan di laga Jumat nanti.
“Saya tak tahu, hari ini (melawan Southampton) ia tidak bisa bermain. Masalahnya sebenarnya tidak besar, hanya nyeri di ototnya. Ini adalah hal yang normal setelah cedera selama tiga atau empat bulan. Namun, ia memang mengalami masalah,” ungkap Guardiola, dikutip dari situs resmi City.
“Saat ini, saya tidak bisa memastikan apakah ia akan tersedia dalam laga melawan Liverpool. Kami akan mengevaluasinya lebih lanjut.”
ADVERTISEMENT
Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne. (Foto: Oli Scarf/AFP)
Absennya pemain sekaliber De Bruyne, terlebih dalam laga krusial menghadapi Liverpool, tentu menjadi pukulan yang cukup keras untuk City. Eks pemain Chelsea ini memiliki kemampuan untuk mengubah pertandingan. Lewat kreativitasnya, De Bruyne sudah mengkreasikan 0,7 operan kunci (operan yang berbuah kans) hanya dalam enam laga Premier League musim ini.
Selain itu, De Bruyne juga memiliki kemampuan tendangan jarak jauh yang mematikan. Di laga melawan Crystal Palace ketika City kalah, De Bruyne yang masuk menggantikan Fabian Delph mampu memperkecil ketertinggalan lewat sepakan jarak jauh.
Terkhusus melawan Liverpool nanti, keberadaan pemain berusia 27 tahun ini terasa penting. Atribut De Bruyne, entah itu sepakan jarak jauh ataupun kemampuannya mengkreasikan peluang, bisa berguna menghadapi The Reds yang saat ini memegang rekor pertahanan terbaik di liga. Lebih dari itu, sepanjang kariernya, De Bruyne tercatat sudah menciptakan tiga asis kala melawan Liverpool.
ADVERTISEMENT
Lalu, apa yang kira-kira akan dilakukan Guardiola apabila De Bruyne benar-benar absen? Sepertinya, ia tak akan terlalu pusing untuk mencari solusinya. Pasalnya, ia memiliki Bernardo Silva yang saat ini tengah berada di performa terbaiknya.
Bernardo sejauh ini mampu menunjukkan kualitasnya ketika De Bruyne absen. Bersama David Silva, ia menjadi kreator peluang City untuk mencetak gol, sesuatu yang menjadi tugas De Bruyne ketika dimainkan.
Bernardo Silva, senjata rahasia City. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)
Sejauh ini, Bernardo mampu mencetak lima gol dan lima asis di Liga Primer 2018/19. Ia juga mampu mencatatkan rata-rata 1,9 operan kunci per laga, serta 86.4% operan sukses. Penampilan apik Bernardo-lah yang menyebabkan City tetap mampu meraih hasil maksimal ketika De Bruyne absen.
ADVERTISEMENT
Jadi, untuk melawan Liverpool nanti, rasanya Guardiola tak akan mengubah komposisi pemain maupun taktiknya. Duo Silva bersama Fernandinho yang telah pulih akan mengisi lini tengah, dan trisula Raheem Sterling, Sergio Aguero, dan Leroy Sane/Riyad Mahrez akan menjadi tombak di depan. Skema inilah yang digunakan Guardiola ketika menahan imbang The Reds di Anfield. Dengan skema yang sama, ditambah dukungan dari publik Stadion Etihad, bukan tak mungkin City meraih poin penuh.
Walaupun begitu, tentu ketersediaan De Bruyne akan menambah opsi dan variasi serangan Guardiola. Menarik untuk dinanti apakah sosok yang mirip dengan tokoh kartun Tintin ini mampu tampil, atau tak masuk ke dalam skuat versus Liverpool nanti.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan