kumparan
11 Agu 2018 16:15 WIB

Debut Premier League Emery dan Asanya Bawa Arsenal Tundukkan City

Unai Emery dan para pemain Arsenal. (Foto: REUTERS/Edgar Su)
Belum apa-apa, Arsenal sudah harus menghadapi Manchester City. Di pekan pertama Premier League musim 2018/19 ini, 'Meriam London' sudah harus menjamu City di Emirates Stadium pada Minggu (12/8/2018) pukul 22:00 malam WIB.
ADVERTISEMENT
Laga itu jelas akan menjadi ujian bagi Unai Emery. Sebab, itu adalah partai kompetitif pertamanya setelah ditunjuk jadi pelatih anyar Arsenal. Menghadapi juara bertahan di laga pertama jelas amat tidak mudah.
Emery pun mencoba tak khawatir. Baginya, dia dan anak-anak asuhnya sudah menyiapkan cara mengalahkan City. Fokus pelatih asal Spanyol dalam satu pekan terakhir pun hanyalah untuk mewujudkan hal itu.
Emery ingin menunjukkan kebesaran Arsenal sebagai tim pada musim 2018/19 ini. Tentu dia juga ingin menunjukkan hasil racikannya kepada para suporter 'Meriam London'. Bahwa dia adalah orang yang tepat untuk jadi suksesor Arsene Wenger.
Pelatih Arsenal, Unai Emery. (Foto: Reuters/Edgar Su)
"Kami bekerja untuk meningkat di setiap pertandingan dan setiap sesi latihan. Namun, pada hari Minggu, kami harus menunjukkan di lapangan bahwa kinerja kami ada pada tingkat yang besar. Posisi ini menuntut momentum terbaik secara taktik dan juga individual," ungkap Emery di situs resmi klub.
ADVERTISEMENT
"Untuk itu, pada hari Minggu saya ingin bersama dengan para pendukung kami untuk pertama kali. Itu akan membantu, jika kami bersama-sama, agar para pemain menunjukkan kinerja terbaik mereka dan untuk menyampaikan kualitas, energi, dan semangat untuk maju melawan City," tambah dia.
Perihal lawan sendiri, Emery mengaku sudah mempelajari tim besutan Pep Guaridola itu. Baginya, identitas permainan yang ditunjukkan City sudah jelas dan Arsenal memang fokus untuk menemukan formula agar identitas tersebut tak terlihat di Emirates.
Meski, dalam statistiknya, Emery sama sekali belum pernah berhasil menaklukkan tim besutan Guardiola. Karena itulah, dia juga ingin memutus rekor buruk tersebut. Apalagi, ini adalah laga Premier League pertamanya di depan publik sendiri.
Skuat Arsenal di Singapura. (Foto: Reuters/Edgar Su)
ADVERTISEMENT
"Lebih mudah berbicara daripada berada di lapangan. City, saya pikir, setelah dua tahun bekerja dengan Guardiola, memiliki stabilitas yang lebih, keamanan yang lebih. Mereka bermain dengan kepercayaan diri yang sangat, sangat besar dalam diri mereka," ujar dia.
"Untuk itu, kami bekerja pekan ini dan mempersiapkan pertandingan ini terhadap lawan, melawan City sebagai kolektif dan individu. Di atas segalanya, ini tentang kepercayaan diri untuk memainkan pertandingan terbaik. Kami hanya berpikir untuk memenangi pertandingan," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan