Pencarian populer

Demi Man. United, Sejumlah Pilar Barcelona Absen saat Melawan Huesca

Lionel Messi mencetak gol dalam laga Barcelona vs Espanyol. Foto: Albert Gea/Reuters

Sebagai pelatih Barcelona, Ernesto Valverde memiliki kebiasaan menarik. Jika timnya tengah dihantam jadwal padat, eks pelatih Athletic Bilbao itu akan melakukan rotasi di satu laga yang dia pikir kurang menentukan. Tujuannya, tentu saja, untuk menjaga kebugaran sekaligus melindungi jagoan-jagoan Barcelona dari ancaman cedera.

Pendekatan ini masih diterapkan Valverde ketika menyusun skuat Barcelona untuk laga La Liga melawan Huesca, Sabtu (13/4/2019) malam WIB. Dalam daftar pemain, tidak ada nama-nama andalan La Blaugrana seperti Lionel Messi, Sergio Busquets, Luis Suarez, hingga Gerard Pique.

Keputusan ini diambil karena Barcelona masih akan menghadapi Manchester United dalam laga leg II babak perempat final Liga Champions di Camp Nou, Rabu (17/4) dini hari WIB. Dalam pertandingan leg I di Old Trafford, Kamis (11/4), Barcelona menggenggam kemenangan tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Luke Shaw di awal laga.

Keputusan untuk merotasi skuat saat melawan Huesca tentu saja tak semata kebiasaan Valverde, melainkan juga ada perhitungan di baliknya. Ya, target memenangi Liga Champions menjadi salah satu pertimbangannya. Apalagi, Barcelona tak pernah lolos ke semifinal sejak juarai Liga Champions pada musim 2014/15 lalu.

Pertimbangan lainnya ialah perbedaan nasib Huesca dan Barcelona. Huesca kini berada di dasar klasemen dengan catatan kebobolan terburuk di La Liga musim ini (55 gol dari 31 pertandingan). Dalam urusan mencetak gol, mereka sama payahnya dan torehan 35 gol menjadi buktinya.

Beda kelas dengan Barcelona, yang masih kokoh di pucuk klasemen La Liga dengan torehan 73 poin. Itu artinya, Barcelona unggul 11 poin atas Atletico Madrid yang berada di posisi kedua. Sementara, Atletico unggul dua poin atas Real Madrid yang berada di posisi ketiga.

Selebrasi sejumlah pemain FB Barcelona usai mencetak gol ke gawang Olympique Lyon dalam Leg kedua Liga Champions di Camp Nou, Barcelona, Spanyol. Foto: REUTERS/Susana Vera

Jika Messi, Busquets, Suarez, dan Pique sengaja direhatkan, lain ceritanya dengan Ivan Rakitic dan Sergi Roberto. Rakitic terpaksa absen akibat terserang demam. Sementara, Roberto dikabarkan menderita cedera otot dalam sesi latihan terakhir.

Absennya sejumlah pilar membukakan jalan bagi wajah-wajah kurang familiar di Barcelona untuk berpijar. Dengan absennya sosok striker di skuat Barcelona saat melawan Huesca, kemungkinan besar Kevin-Prince Boateng akan melakoni laga keduanya sebagai starter dengan peran false nine.

Selain itu, ada youngster macam Jean-Clair Todibo, Riqui Piug, Abel Ruiz, Carles Alena dan Moussa Wague yang mungkin akan Valverde berikan kesempatan bermain pada laga ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Minggu,19/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20