kumparan
24 Apr 2019 16:07 WIB

Derbi Manchester: City Dipastikan Tanpa Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne mengalami cedera. Foto: Phil Noble/Reuters
Kabar tak menyenangkan menghampiri Manchester City menjelang lawatannya ke Old Trafford. The Citizens dipastikan tak akan diperkuat Kevin De Bruyne untuk menghadapi Manchester United pada Kamis (25/4/2019) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Pep Guardiola mengonfirmasi, pemain asal Belgia tersebut mengalami masalah di bagian otot saat City mengalahkan Tottenham Hotspur akhir pekan lalu. De Bruyne yang turun sebagai starter digantikan oleh Fernandinho pada menit ke-34 dan diperkirakan butuh waktu cukup lama untuk pemulihan.
“Saya rasa dia takkan bisa bermain nanti. Dia mengalami masalah pada ototnya. Kita akan melihat kondisinya beberapa hari ke depan, bagaimana dia bisa merasa lebih baik. Tapi, untuk pertandingan nanti (melawan United) dia tak akan tersedia,” kata Guardiola dilansir Sky Sports.
City terancam semakin lama ditinggalkan De Bruyne karena Guardiola belum memastikan apakah mantan pemain Chelsea tersebut akan sembuh sebelum musim berakhir. Problem ini akan terasa berat bagi City yang tengah bersaing dengan Liverpool di perburuan titel liga. Belum lagi agenda menghadapi Wolverhampton Wanderers di final Piala FA pada 18 Mei mendatang.
ADVERTISEMENT
Bagi City sendiri, cedera De Bruyne menjadi repetisi pada musim ini. Eks gelandang Wolfsburg ini tercatat menderita tiga cedera berbeda sehingga melewatkan 26 pertandingan di lintas ajang.
Itulah alasan De Bruyne mengalami penurunan drastis menyoal menit bermain.
De Bruyne tercatat cuma tampil 18 kali di Premier League 2018/19 dengan 7 di antaranya berawal dari bangku cadangan. Jauh berbeda dengan edisi musim lalu, ketika ia bermain 37 kali dan cuma sekali dia masuk sebagai pengganti.
“Sayangnya dia mengalami cedera terus-menerus dari satu bagian ke bagian lainnya. Dia mendapatkan dua atau tiga masalah otot sebagai konsekuensi dari cedera lututnya,” ucap Guardiola.
Kevin De Bruyne. Foto: Reuters/Carl Recine
Menanggapi masalah cedera yang kerap menyerang De Bruyne, Guardiola mengaku bertanggung jawab untuk lebih memerhatikan kondisi fisik sang pemain. Bukan tanpa sebab, kehilangan De Bruyne untuk waktu lama pastinya bikin City kelimpungan lantaran stok gelandang kreatif tergerus.
ADVERTISEMENT
“Dengan kompetisi di sepak bola Inggris, Anda tidak punya waktu untuk bersiap. Cara terbaik adalah melakoni pramusim. Kami harus lebih memperhatikan hal-hal kecil ketika menjejak musim baru. Sekarang, kami akan lihat apakah dia masih bisa bermain di dua laga atau lebih sebelum musim berakhir dan ikut di pramusim.”
“De Bruyne punya keluarga yang sangat memperhatikannya. Hidupnya pasti akan lebih teratur. Kami akan berbicara dengannya, dengan dokter dan fisioterapis bahwa kondisinya akan aman dan fit,” pungkas Guardiola.
Untuk menambal kepergian De Bruyne sementara ini, Guardiola sebetulnya punya beberapa opsi. Selain nama-nama top seperti Ilkay Guendongan dan Bernardo Silva, serta pemain muda Phil Foden bisa beroperasi sebagai gelandang tengah seperti De Bruyne. Khusus nama terakhir, dia kebetulan tengah on fire seusai jadi pencetak gol kemenangan atas Spurs.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan