kumparan
8 Feb 2018 5:34 WIB

DFB Pokal: Menang Tipis 1-0 Atas Wolfsburg, Schalke Jejaki Semifinal

Pemain Schalke merayakan kemenangan. (Foto: REUTERS/Leon Kuegeler)
Bertanding di Veltins-Arena, pada Kamis (8/2/2018) dini hari WIB, Schalke 04 berhasil menutup pertandingan dengan raihan positif. Kemenangan 1-0 atas Wolfsburg di babak perempat final DFB Pokal diperoleh lewat gol semata wayang yang dicetak oleh Guido Burgstaller di menit ke-10.
ADVERTISEMENT
Tuan rumah turun dengan pola 3-4-3, dengan memasang Marco Pjaca, Guido Burgstaller, dan Amine Harit sebagai trisula di lini depan. Sedangkan tim tamu tampil dengan menempatkan Divock Origi sebagai penyerang tunggal dalam formasi 4-2-3-1.
Schalke lebih dulu mendapat peluang di menit kedua lewat tendangan bebas Bastian Oczipka yang masih bisa ditangkap kiper. Menanggapi serangan Oczipka di awal-awal pertandingan, tim tamu mulai membangun serangan lewat kerja sama Divock Origi dan Yannick Gerhardt. Namun, rapatnya pertahanan Schalke membikin keduanya belum sanggup melewati area pertahanan lawan.
Tak ingin kalah di hadapan pendukung sendiri, Schalke kian getol membangun serangan, walau pertandingan baru berjalan beberapa menit. Akhirnya upaya tim tuan rumah berbuah gol. Diawali dengan serangan balik yang diinisiasi oleh Burgstaller, Schalke berhasil menorehkan keunggulan pertamanya di menit ke-10.
ADVERTISEMENT
Burgstaller yang memanfaatkan renggangnya penjagaan pemain bertahan, melakukan dribel sampai situasi satu lawan satu dengan kiper. Gagal membaca arah sepakan Burgstaller, anak-anak asuh Martin Schmidt harus merelakan bola bersarang di gawang sendiri.
Sadar bahwa posisinya sedang tidak aman, Wolfsburg kembali membangun serangan. Peluang emas Wolfsburg terjadi di menit 24. Memanfaatkan kesalahan Naldo, Maximilian Arnold dan Yunus Malli bahu-membahu membangun serangan.
Begitu mendapat ruang terbuka, Malli langsung melesakkan tembakan ke arah gawang. Sayangnya, peluang emas itu masih belum bisa menyamakan gol karena bola justru menghantam tiang gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Schalke sampai akhir babak pertama.
Aksi penyelamatan oleh kiper Schalke. (Foto: REUTERS/Leon Kuegeler)
Memasuki babak kedua, baik tuan rumah maupun tamu, tak kehilangan asa merebut kemenangan. Sayangnya, di 20 menit pertama setelah turun minum ini, permainan lebih banyak berkutat di lapangan tengah.
ADVERTISEMENT
Pertandingan babak kedua pada akhirnya tidak berlangsung sesengit babak pertama. Sementara Wolfsburg masih kesulitan mengembangkan permainan, usaha-usaha lewat umpan silang yang mereka lakukan terbilang tidak maksimal karena selalu bisa dipotong oleh kiper dan pemain belakang.
Meski kembali memeroleh peluang emas lewat tendangan bebas, gol kedua yang ditunggu-tunggu pun tak kunjung lahir bagi tuan rumah. Alhasil, kemenangan 1-0 menjadi torehan akhir pertandingan anak-anak asuh Domenico Tedesco di babak perempat final DFB Pokal. Atas raihan ini, mereka pun melangkah ke babak semifinal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan