kumparan
26 Mar 2019 18:58 WIB

Dimas Drajad Selamatkan Penalti, Timnas U-23 Kalahkan Brunei

Aksi selebrasi Pemain Timnas U-23 Indonesia setelah mencetak gol pada Pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-23 saat melawan Brunei Darussalam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Setelah dua kali kalah, akhirnya Timnas U-23 Indonesia meraih kemenangan. Menghadapi Brunei Darussalam di pertandingan terakhir Babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Selasa (26/3/2019) petang WIB, Timnas U-23 menang dengan skor 2-1.
ADVERTISEMENT
Bermain di My Dinh Stadium, Timnas U-23 baru bisa mencetak gol di menit ke-30 melalui Dimas Drajad. Gol kedua Timnas U-23 terjadi di menit ke-79 melalui kaki Rafi Syaharil. Sementara, Brunei bisa mencetak gol melalui tendangan penalti Azim Izamuddin di menit ke-85.
Hasil ini membuat Timnas U-23 bertengger di posisi tiga klasemen dengan tiga angka. Adapun Brunei Darussalam tetap berada di posisi buncit tanpa poin.
***
Laga yang sudah tak menentukan ini membuat Indra Sjafri melakukan perubahan di semua lini. Penjaga gawang dipercayakan kepada Muhammad Riyandi. Lalu, nama-nama seperti Fredyan Wahyu, Samuel Christianson, Rafli Syaharil, dan Hanif Sjahbandi diberi menit bermain di turnamen kali ini.
Sejak awal, Timnas U-23 memegang kendali permainan. Pemain-pemain 'Garuda Muda' sangat nyaman bermain kaki ke kaki tanpa ada pressing dari lini tengah maupun depan Brunei Darussalam.
ADVERTISEMENT
Tapi, di 10 menit pertama anak asuh Indra Sjafri sangat kesulitan menembus pertahanan Brunei Darussalam. Cenderung menyerang lewat sisi kanan membuat serangan Timnas U-23 mudah dipatahkan.
Peluang bisa didapat Timnas U-23 melalui skema bola mati. Pertama melalui tendangan bebas Bagas Adi yang masih melambung tipis dari gawang Brunei. Kemudian sundulan Nurhidayat memanfaatkan umpan sepak pojok. Tapi, usaha bek Bhayangkara FC itu masih bisa ditangkap penjaga gawang Brunei, Haimie Anak Nyaring.
Aksi Pemain Timnas U-23 Indonesia, Witan Sulaeman (tengah) berusaha melewati pemain Brunei Darussalam. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Gol yang dinantikan oleh Timnas U-23 akhirnya terjadi juga pada menit ke-30. Kesalahan Haimie dalam melakukan tendangan membuat bola berhasil direbut oleh Witan. Pemain bernomor punggung delapan itu lalu menggiring bola melewati Haimie dan memberikan kepada Dimas Drajad. Tanpa hambatan, Dimas berhasil menendang bola dan mengubah kedudukan menjadi 1-0.
ADVERTISEMENT
Setelah unggul, Timnas U-23 melakukan perubahan. Samuel ditarik keluar dan dimainkan Andy Setyo. Pergantian ini membuat Bagas Adi bermain sebagai full back kiri dan Andy menjadi bek tengah.
Penampilan Timnas U-23 juga semakin bervariasi setelah unggul. Tak hanya menyerang lewat sisi kanan seperti di 15 menit pertama, kini kedua sisi sudah menjadi alur serangan Timnas U-23.
Timnas U-23 kembali mendapat peluang di ujung babak pertama. Akan tetapi, upaya Witan Sulaeman masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Brunei. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan 'Garuda Muda' dengan skor 1-0.
Pemain Timnas U-23 Indonesia foto bersama jelang laga Piala Asia U-23 antara Indonesia vs Brunei Darussalam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Lepas jeda, penampilan anak asuh Indra Sjafri tetap menyerang. Kendati demikian, Timnas U-23 masih saja sulit untuk menembus pertahanan rapat yang dibuat Brunei.
ADVERTISEMENT
Indra Sjafri pun melakukan perubahan. Untuk menambah kreativitas dalam serangan, Egy Maulana Vikri dimainkan dan menarik keluar Gian Zola.
Peluang kembali didapat melalui bola mati. Sayang, usaha Nurhidayat masih menyamping dari gawang Brunei.
Indra Sjafri kembali menambah daya gedor di menit ke-71. Osvaldo Haay yang memiliki naluri menyerang main menggantikan Hanif Sjahbandi.
Naiknya tensi serangan Timnas U-23 membuat gol kembali tercipta. Melalui tendangan jarak jauh Rafli Syaharil gol kedua Timnas U-23 terjadi di menit ke-79. Skor pun berubah 2-0.
Brunei bukannya tanpa perlawanan. Mereka berhasil membuat gol di menit ke-85. Gol berasal dari titik putih setelah Azreen Ekander dijatuhkan Riyandi di kotak penalti.
Aksi Pemain Timnas U-23 Indonesia mencoba merebut bola pada Pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-23. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Riyandi pun mendapat kartu kuning. Tendangan penalti yang dieksekusi Azim Izamuddin berhasil digagalkan Riyandi. Tapi, wasit menilai ada pelanggaran yang dilakukan oleh Riyandi.
ADVERTISEMENT
Penjaga gawang Barito Putera itu maju saat bola belum ditendang. Kartu kuning kedua pun diberikan oleh wasit dan membuat Riyandi di kartu merah. Penalti juga diulang dan Izamuddin tak mengulangi kesalahannya. Bola pun masuk ke gawang Dimas Drajad yang menjadi penjaga gawang dan mengubah skor menjadi 2-1.
Brunei yang unggul jumlah pemain sebenarnya memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan. Wasit memberikan hadiah penalti lagi usai Egy melanggar Azim di kotak penalti. Beruntung, tendangan dari Naziruddin Haji Ismail masih bisa digagalkan oleh Dimas Drajad yang menjadi penjaga gawang dadakan.
Pertandingan pun selesai dengan kemenangan Timnas U-23 2-1.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan