Pencarian populer

Diwarnai Trigol Messi, Barcelona Kandaskan PSV di Camp Nou

Tendangan bebas Lionel Messi yang membuka keunggulan Barcelona atas PSV Eindhoven pada pertandingan fase grup Liga Champions 2018/19. (Foto: REUTERS/Sergio Perez)

Barcelona memulai Liga Champions 2018/19 dengan menjaga kesucian Camp Nou. Menjamu PSV Eindhoven pada pertandingan Grup B, Selasa (18/9/2018) malam WIB, Barcelona sukses merengkuh kemenangan dengan skor 4-0.

Lionel Messi menjadi sosok protagonis di laga ini dengan membukukan hat-trick. Ketiga golnya itu muncul di menit ke-32, 77, dan 88. Satu gol Barcelona lainnya disumbangkan oleh Ousmane Dembele di menit ke-75. Dengan hasil ini, Barcelona memuncaki Grup B. Mereka unggul selisih gol setelah di laga lain, Inter Milan mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-1.

Barcelona selaku tuan rumah tidak mengubah pakem dasar mereka dalam formasi 4-3-3. Ernesto Valverde menurunkan Luis Suarez sebagai juru gedor ditemani Lionel Messi dan Ousmane Dembele. Sementara itu, Philippe Coutinho, Ivan Rakitic, dan Sergio Busquets menopang lini tengah.

Di kubu lawan, Mark van Bommel membalut PSV dalam formasi 4-2-3-1, dengan mengandalkan kecepatan Hirving Lozano dan Steven Bergwijn di sisip sayap. Sedangkan Luuk de Jong dipercaya menjadi ujung tombak yang ditopang oleh Gaston Pereiro.

Barcelona memulai pertandingan dengan ciri khas mereka: penguasaan bola. Kombinasi operan satu-dua dengan penetrasi dari sisi sayap yang dilakukan oleh Coutinho dan Dembele terlihat begitu dominan di menit-menit awal.

Namun, PSV yang jarang memegang bola justru memperoleh peluang pertama lewat Gaston Pereiro. Tapi, sepakan kaki kirinya masih melebar di atas mistar gawang Ter Stegen. Peluang ini membuat jalannya laga menjadi lebih cair, PSV tak membiarkan diri terus terkurung dan Barcelona mencoba lebih efektif dalam menyerang.

Lepas 10 menit, kedua tim akhirnya mulai berbalas serangan. Pertama, PSV lewat serangan balik di menit 14, tapi placing dari Steven Bergwijn masih tipis di sisi kiri gawang. Messi kemudian menebar ancaman pertamanya semenit berselang, tapi sepakan kaki kirinya masih jauh dari sasaran.

Memasuki menit 20-an, serangan Barcelona semakin berbahaya. Beberapa upaya memaksa pertahanan PSV bekerja lebih keras, seperti dua peluang Sergi Roberto di menit 23 dan 27 yang masih bisa ditepis oleh kiper. Suarez dan Rakitic tak ketinggalan menembar ancaman, meski upaya mereka belum mengarah ke sasaran.

Terus menebar ancaman, Barcelona akhirnya membuka keunggulan di menit 31 lewat Messi. Lewat tendangan bebas presisi di depan kotak penalti PSV, bola sepakan Messi yang diarahkan ke sisi kiri atas gawang tak bisa dijangkau oleh kiper PSV, Jeroen Zoet.

Selama 10 menit akhir babak pertama, Barcelona meningkatkan instensitas dengan melakukan pressing hingga kotak penalti lawan. Upaya ini bukannya tak mungkin melahirkan gol kedua jika sepakan Rakitic tidak tertepis Zoet. Alhasil, Barcelona masuk ke ruang ganti dengan keunggulan 1-0 atas PSV.

Eksekusi tendangan bebas Messi berbuah gol perdana Barcelona di laga vs PSV Eindhoven. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Babak kedua dimulai dengan upaya serangan PSV melalui Jorrit Hendrix, tapi sepakannya masih bisa ditangkap oleh Ter Stegen. Tersentak dengan serangan kilat lawan, Barcelona membalas lewat tendangan jarak jauh Messi yang bisa ditepis Zoet.

Akan tetapi, ketangguhan Zoet akhirnya runtuh juga di menit 75 oleh Dembele. Gol pemain asal Prancis itu pun terbilang ciamik, usai menerima operan Coutinho, Dembele melewati tiga pemain PSV dan mengakhiri aksi individunya dengan sepakan ke pojok kiri bawah yang tak bisa dijangkau kiper.

Gol ini nyatanya meruntuhkan mental pertahanan PSV juga, sehingga Barcelona bisa menambah keunggulannya menjadi 3-0 dua menit berselang. Messi kembali jadi aktornya, La Pulga sukses meneruskan umpan terobosan Rakitic dengan sepakan voli mendatar yang membikin Zoet mati langkah.

Namun, keunggulan Barcelona ternodai dengan dikeluarkannya Samuel Umtiti . Bek asal Prancis itu sudah mendapat kartu kuning di menit 55, kemudian aksinya menghalangi laju lari Lozano di menit ke-79 membuat wasit Anastasios Sidiropoulos memberikan kartu kuning kedua.

Meski bermain dengan 10 orang, Barcelona masih terlalu perkasa buat PSV. Alhasil, di menit ke-88, Messi mencetak gol ketiganya di laga ini. Lepas dari jebakan offside, Messi meneruskan umpan terobosan Suarez dengan sepakan kaki kanan untuk menaklukkan Zoet. Gol ini sekaligus menutup pertandingan dengan kemenangan Barcelona 4-0.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: