kumparan
8 Nov 2018 5:06 WIB

Dwigol Robert Lewandowski Antar Bayern Muenchen Kandaskan AEK

Pemain-pemain Bayern merayakan gol Lewandowski ke gawang AEK Athens. (Foto: REUTERS/Michael Dalder)
Dwigol Robert Lewandowski mengantar Bayern Muenchen unggul 2-0 atas AEK Athens pada matchday keempat Liga Champions, Kamis (8/11/2018) dini hari WIB di Allianz Arena.
ADVERTISEMENT
Tambahan tiga angka itu membuat Bayern makin nyaman di puncak klasemen Grup E dengan torehan 10 angka, berjarak 2 angka dari Ajax Amsterdam yang bermain imbang dengan Benfica di waktu yang bersamaan. Untuk AEK Athens, kekalahan ini membuat mereka jadi tim kedua, bersama Lokomotiv Moskva, yang urung memetik angka di Liga Champions musim ini.
Di atas kertas, Bayern lebih diunggulkan ketimbang AEK. Bukan cuma dari kemenangan yang mereka petik di kandang wakil Yunani itu dalam matchday sebelumnya, akan tetapi juga dari kegagalan AEK dalam mendulang angka sejauh ini. Tak cuma sampai di situ, AEK juga tak akan diperkuat Helder Lopes dan Marko Livaja yang terkena suspensi.
Dengan minimya stok penyerang, Marinos Ouzounidis kemudian menyiasatinya dengan mengaplikasi skema lima bek untuk melindungi Vasilios Barkas sebagai palang pintu terakhir. Untuk duet garda terdepan, dipasrahkan kepada Ezequiel Ponce dan Petros Mantalos.
ADVERTISEMENT
Namun, kenyataan tersebut tak membuat Niko Kovac meremehkan tamunya. Pelatih asal Kroasia itu menurunkan amunisi terbaiknya, Robert Lewandowski, Thomas Mueller, dan Franck Ribery. Begitu pula dengan Mats Hummels serta Jerome Boteng yang diapit David Alaba dan Joshua Kimmich di barisan pertahanan.
AEK nyaris saja mengejutkan publik tuan rumah di menit keempat lewat tandukan Vasilios Lampropoulos. Akan tetapi, upaya bek berusia 21 tahun itu masih belum menemui sasaran.
Secara kualitas permainan, AEK memang berada di bawah Bayern, sebagaimana yang tertuang dalam perjumpaan mereka dua pekan lalu. Di sisi lain, skema bola mati bisa jadi senjata alternatif saat mereka kesulitan dalam menyusun serangan dari lini belakang. Terlebih garis pertahanan rendah yang dicanangkan AEK membuat mereka kesulitan untuk melancarkan serangan. Bayern memang lebih mengendalikan jalannya pertandingan dengan sisi sayap sebagai alur serangannya. Kendati demikian, mereka masih kesulitan untuk menembus barikade pertahanan tim tamu. Hanya satu tembakan tepat sasaran yang berhasil dilepaskan Bayern hingga laga berjalan setengah jam.
ADVERTISEMENT
Hingga akhirnya mereka dihadiahi tendangan penalti setelah Uros Cosic melanggar Lewandowski di kotak terlarang pada menit 31. Pemain berpaspor Polandia itu tak menyia-nyiakan kesempatan saat dipasrahi sebagai algojo dan membawa Bayern unggul 1-0.
Plot pertandingan babak kedua tak jauh berbeda. AEK masih kesulitan menyerang sementara Bayern masih memegang kendali permainan. Bahkan, mereka hampir saja menambah pundi-pundi golnya andai Barkas tak mampu meredam tembakan Leon Goretzka serta Lewandowski menit 54 dan 59. Kiper Tim Nasional Yunani itu kembali menunjukkan kelasnya saat kembali lagi memntahkan peluang Alaba dan Lewandowski.
Akhirnya pertahanan AEK jebol untuk kedua kalinya di menit 71, lagi-lagi lewat upaya Lewandowski. Dengan jeli, mantan penyerang Borussia Dortmund itu sukses menyambut umpan sepak pojok kiriman Kimmich.
ADVERTISEMENT
AEK semakin terpojok. Selain pertahanan mereka yang akhirnya runtuh, daya serang mereka juga terlalu lemah. Aliran bola dari lini tengah tak maksimal, belum lagi dengan duet Ponce dan Mantalos yang intens kehilangan penguasaan bola. Tak ada lagi gol tambahan, Bayern unggul dengan skor akhir 2-0.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·