Pencarian populer

FFF Tutup Pintu Zidane Tangani Timnas Prancis

Zidane memimpin latihan Real Madrid. (Foto: AFP/Gabriel Bouys)

Rumor pencalonan Zinedine Zidane sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Prancis usai Piala Dunia 2018 sampai juga di telinga para petinggi Federasi Sepak Bola Prancis (FFF). Meski demikian, menurut mereka, rumor tersebut tak akan terjadi—setidaknya dalam waktu dekat.

Zidane saat ini menganggur. Belum genap seminggu setelah membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions 2017/2018, ia memilih untuk mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala.

Keputusan ini membuat banyak pihak terkejut, termasuk Presiden Madrid, Florentino Perez. Terlebih, ia tengah berada di puncak kariernya usai membawa Madrid menjuarai Liga Champions untuk tiga kali beruntun.

Status tersebut membuat Zidane diramalkan bakal menangani banyak kesebelasan, dari Juventus hingga Timnas Prancis. Nah, untuk yang disebut terakhir, rumor ini mencuat setelah media-media Prancis mengatakan bahwa menjadi pelatih Les Blues adalah targetnya sekarang.

Mereka bahkan membuat spekulasi bahwa Zidane akan dicalonkan Juli 2018 nanti, tepat setelah berakhirnya Piala Dunia 2018. Entah bagaimana pencapaian Timnas Prancis, Zidane bakal ditunjuk untuk menggantikan mantan rekan setimnya, Didier Deschamps.

Deschamps sempat buka suara. Sebagai sosok yang kini menahkodai Timnas Prancis, ia tak terlalu ambil pusing soal rumor tersebut, meski di satu sisi, ia tahu bahwa Zidane layak untuk mendapatkan pekerjaan itu.

"Apakah saya akan merasa bangga memberikan kendali Timnas Prancis kepada Zidane? Saya tidak berhak. Itu bergantung Presiden FFF, Noel Le Graet," tutur Deschamps kepada FourFourTwo, pekan lalu.

Didier Deschamps dalam sesi konferensi pers. (Foto: Francois Mori/Reuters)

"Saya sendiri tidak mengetahui apa keputusan Zidane. Ia mungkin ingin menikmati masa istirahat. Setelah itu, seperti sudah saya katakan sebelumnya, dia akan menjadi pelatih Timnas Prancis suatu hari nanti. Kapan? Entah,” kata Deschamps.

Karena terus dirundung pertanyaan soal pencalonan Zidane, Le Graet akhirnya memberikan komentar. Menurutnya, Deschamps tengah terikat kontrak dengan Timnas Prancis dan itu tidak membuatnya bakal digeser Zidane.

“Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, memiliki kontrak kerja sama dengan kami hingga 2020. Dengan itu, ia akan tetap menangani tim ini hingga 2020 atau saat kontraknya berakhir,” kata Le Graet kepada BFM TV, Jumat (8/6/2018) lalu.

Pernyataan Le Graet seakan mengakhiri rumor pencalonan Zidane. Dengan ini, maka bisa disimpulkan bahwa Timnas Prancis tak akan punya pelatih baru sebelum kontrak Deschamps berakhir, 2020 nanti.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20