kumparan
22 Jun 2018 7:03 WIB

Francis Uzoho: 'Anak Bawang' Timnas Nigeria

Kiper Nigeria, Uzoho. (Foto: REUTERS/Murad Sezer)
Dari sekian banyak pemain yang tak berpengalaman dalam Piala Dunia 2018, salah satu yang paling mencolok adalah Francis Uzoho. Uzoho sendiri boleh kita bilang sebagai 'anak bawang' dari Tim Nasional (Timnas) Nigeria untuk saat ini.
ADVERTISEMENT
Kiper berusia 19 tahun itu menghabiskan banyak waktunya membela tim B-nya Deportivo La Coruna, yang kini bercokol di kompetisi level ketiga Liga Spanyol. Namun, karena kiper utama Nigeria, Carl Ikeme, divonis mengidap leukemia akut, sementara penggantinya, Daniel Akpeyi, tak percaya diri, maka Uzoho pun ditunjuk sebagai kiper utama Nigeria.
Karena tak berpengalaman, Uzoho bahkan sampai harus dilatih secara khusus oleh pelatih kiper Nigeria agar potensinya terus keluar.
"Kami melihat aksi Francis, dan buruknya, ia bermain di tim B-nya Deportivo. Mengetahui itu, kami pun mengirim pelatih kiper yang hadir dua kali dalam dua minggu ke tempat latihan tim B Deportivo untuk memberikannya latihan khusus. Kata pelatih kiper kami, dia berlatih dengan cukup baik," kata pelatih Nigeria, Gernot Rohr, sebagaimana dilansir Reuters.
ADVERTISEMENT
Namun, keberuntungan Uzoho rupanya baru sampai di situ. Kala kalah 0-2 dari Timnas Kroasia dalam matchday pertama babak grup, baik Uzoho dan Nigeria sama-sama babak belur. Dari tujuh tembakan ke arah gawang Nigeria, dua diantaranya tepat sasaran. Dua tembakan itulah yang pada akhirnya menjadi gol.
Ujung-ujungnya, Rohr pun harus membela satu-satunya kiper yang ia anggap bisa diandalkan.
"Walau dia kiper termuda di Piala Dunia, dia begitu tenang dan punya etos kerja yang bagus bahkan sejak dalam sesi latihan. Saya rasa dialah yang mampu menjadi kiper masa depan Nigeria," tambah Rohr.
Di sisi lain, Uzoho angkat bicara tentang beratnya beban yang dia pikul. Katanya, dia sudah berusaha semaksimal mungkin untuk Nigeria. "Saya tahu apa yang diharapkan orang-orang Nigeria dari kiper mereka. Untuk saat ini, saya berusaha untuk tak memikirkan pendukung negara saya sehingga mentalitas saya pun tak jatuh," ucap Uzoho.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·