kumparan
9 Mei 2018 11:28 WIB

Futsal: Maulina Novryliani dan Rasa Penasaran terhadap Vietnam

Pemain Timnas Futsal Putri, Maulina Novryliani. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)
Laju Tim Nasional (Timnas) Futsal Putri Indonesia di AFC Women's Futsal Championship 2018 terbilang memuaskan. Dari tiga laga di fase grup A, tujuh poin diraih lewat dua kemenangan dan satu hasil imbang. Alhasil, anak-anak asuh Kensuke Takahashi itu bertengger di peringkat kedua dengan nilai yang sama dan hanya kalah selisih gol dari pemuncak klasemen, Thailand.
ADVERTISEMENT
Kini, 'Srikandi Garuda' telah menjejak perempat final. Di babak ini, lawan yang akan mereka hadapi adalah Vietnam, pemimpin klasemen Grup B.
Menghadapi Vietnam membuat salah satu pemain Timnas Futsal Putri Indonesia, Maulina Novryliani, bernostalgia. Penggawa Kebumen United Angels ini berkeinginan untuk menuntaskan dendam di ajang SEA Games 2017 lalu. Pada ajang itu, Timnas Futsal Putri harus menyerah dengan skor 1-2 dari Vietnam dan mengakhiri gelaran di tempat ketiga lewat sistem round robin.
"Kalau berkaca dari event yang lalu, seharusnya kami bisa mengalahkan mereka. Kami juga sempat menyaksikan pertandingan Vietnam melawan Malaysia dan insyaallah kami bisa mengalahkan mereka jika gaya bermain kami sama kayak menghadapi Thailand," kata Maulina kepada kumparan (kumparan.com), Rabu (9/5).
ADVERTISEMENT
Laga melawan Thailand yang dimaksud Maulina itu tidak berjalan mudah bagi Indonesia. Sebab, hampir sepanjang pertandingan, Indonesia dipaksa untuk bertahan dan mengandalkan serangan balik. Meski sempat unggul via Febriana Kusumaningrum, Indonesia akhirnya harus puas dengan hasil imbang 1-1.
"Nah, justru saya penasaran di situ, kenapa pas lawan Vietnam kami nggak mencoba seperti melawan Thailand? (Main dengan) sistem bertahan yang rapi. Malahan kami selalu kecolongan dan sering membahayakan gawang sendiri," tutur Maulina.
Timnas Futsal Putri (Foto: Others/Dok. Federasi Futsal Indonesia)
Meski demikian, Maulina mengaku tak khawatir situasi SEA Games akan kembali terulang di ajang Piala Asia ini. Sebab, dikatakan Maulina, pelatih Kensuke telah menyiapkan strategi khusus untuk pertandingan.
"Pelatih selalu belajar dari pengalaman-pengalaman kami di SEA Games melalui potongan video. Bagaimana cara kami bertahan, misalnya. Tidak banyak, sih, yang diubah, masih sama kok," terang Maulina.
ADVERTISEMENT
"Pas lawan Thailand kemarin saja contohnya, kami tetap dengan skema pertahanan di bawah dan alhamdulillah strategi yang diberikan pelatih sudah 80% kami serap dan tinggal diaplikasikan di pertandingan nanti," tutup pemain kelahiran Samarinda ini.
=====
Laga antara Vietnam dan Indonesia akan dilangsungkan di Bangkok Arena, Rabu (9/5/2018) petang, pukul 18:00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·