Pencarian populer

Gemilangnya Pogba di Balik Kemenangan Manchester United atas Chelsea

Paul Pogba lagi-lagi jadi bintang kemenangan Manchester United. Foto: Reuters/Craig Brough

Maurizio Sarri menolak untuk menunduk. Selepas timnya, Chelsea, disingkirkan Manchester United pada babak kelima Piala FA, Selasa (19/2/2019) dini hari WIB, Sarri masih bisa mengeluarkan pernyataan bahwa The Blues tampil lebih baik.

Sebetulnya, Chelsea punya modal bagus menghadapi United di Stamford Bridge. Sang tamu punya catatan buruk manakala bertandang ke London Barat; sebelum pertandingan semalam, United cuma menang tiga kali dalam 25 laga di kandang Chelsea itu. Sisanya, mereka imbang delapan kali dan kalah 14 kali.

Nyatanya? United pulang dengan membawa kemenangan 2-0 lewat gol Ander Herrera dan Paul Pogba.

Sarri bilang, timnya lebih dominan. Mereka menekan habis United pada babak pertama dan mengkreasikan banyak peluang. Di babak kedua, Chelsea tidak bisa berbuat banyak. United bertahan rapat dan pergerakan tanpa bola Eden Hazard dkk. begitu minim. “Mustahil untuk mencetak gol dengan situasi seperti itu,” kata Sarri.

Well, pelatih asal Italia itu memang tidak salah. Dari catatan statistik, Chelsea memang unggul. Selain memenangi penguasaan bola hingga 67%, mereka juga menciptakan 11 percobaan (2 tepat sasaran). United? Cuma 7 percobaan, tapi 5 di antaranya tepat sasaran.

Manchester United hancurkan Chelsea di babak kelima Piala FA. Foto: Reuters/John Sibley TPX IMAGES OF THE DAY

Boleh dibilang, jika melihat catatan tersebut, United lebih efektif. Lalu, jangan dilupakan juga bagaimana alpanya para pemain bertahan Chelsea dalam menjaga ruang pada kedua proses gol United.

Pada gol pertama, yang dilesakkan Herrera pada menit ke-31, para pemain Chelsea terlalu terpaku pada bola sehingga gagal mendeteksi pergerakan gelandang asal Spanyol itu. Herrera dengan jeli menemukan ruang di sebelah kiri pertahanan Chelsea dan berlari masuk dari second-line. Alhasil, ia dengan leluasa menyundul bola tanpa pengawalan berarti.

Sementara pada gol kedua yang tercipta pada menit ke-45, para pemain Chelsea gagal mengantisipasi pergerakan Pogba yang masuk dari lini kedua. Gelandang asal Prancis itu mendapatkan momentum untuk melompat hingga kemudian menanduk bola hasil umpan silang Marcus Rashford.

Pogba sendiri tampil impresif. Situs statistik WhoScored memberinya nilai 9 --bersama Herrera, ia meraih nilai tertinggi di antara pemain-pemain United lainnya. Selain membuat satu gol dan satu assist, Pogba juga mengkreasikan dua peluang, memenangi 100% duel lewat tekel, dan percobaannya untuk melewati lawan via dribel selalu sukses.

Para pemain Manchester United merayakan gol. Foto: REUTERS/David Klein

“Kami tahu bahwa dia adalah gelandang serang terbaik di dunia saat ini. Dia punya visi, umpan silangnya untuk gol Ander begitu luar biasa. Caranya memainkan bola ke Marcus di sisi sayap, lalu berlari masuk ke kotak penalti, juga fantastis,” ujar caretaker United, Ole Gunnar Solskjaer, di ESPNFC.

Pogba sendiri memilih bersikap santai menanggapi pujian sang bos. “Kami Manchester United, kami bermain untuk meraih trofi. Dia (Solskjaer) mengambil pekerjaan ini untuk melakukan itu. Dia memercayai kami dan kami percaya padanya,” kata Pogba.

United akan menghadapi Wolverhampton Wanderers pada babak perempat final Piala FA. Namun, sebelum itu, mereka punya laga yang tidak kalah penting: Menghadapi Liverpool di Old Trafford, Minggu (24/2/2019).

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: