Pencarian populer

Giroud dan Fekir Bawa Prancis Taklukkan Irlandia 2-0

Selebrasi gol Olivier Giroud. (Foto: REUTERS/Charles Platiau)

Prancis sukses memukul Irlandia 2-0 dalam laga uji tanding, Selasa (29/5/2018) dini hari WIB. Adalah Oliver Giroud dan Nabil Fekir yang sukses mencatatkan namanya di papan skor yang terpampang di Stade de France tersebut. Sebelum menghadapi Australia di laga perdana Piala Dunia, Les Bleus masih akan melakoni dua laga persahabatan melawan Italia (2/5) dan Amerika Serikat pada (10/5).

Didider Deschamps melakukan sedikit percobaan pada skuatnya di laga kali ini. Kylian Mbappe diturunkan bersama Olivier Giroud dan Nabil Fekir di garda terdepan. Sementara sektor tengah diisi Blaise Matuidi, Corentin Tolisso, dan Steven N'Zonzi. Pelatih yang pernah menangani Juventus itu juga menepikan Hugo Lloris serta Raphael Varena dan menurunkan Steve Mandanda serta Adil Rami.

Sementara itu, Irlandia masih mengandalkan James McClean dari sisi sayap. Wajar, sih, mengingat penggawa West Bromwich Albion itu menjadi topskorer mereka di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu dengan empat golnya. Untuk lini belakang, Martin O'Neill berharap pada agresivitas Seamus Coleman.

Prancis baru mendulang peluang di menit 25. Sayang, sepakan jarak jauh Mendy masih bisa ditepis Colin Doyle. Dominasi Prancis mulai nampak saat laga berjalan setengah jam. Namun, tendangan sudut sempit Mbappe belum mampu melumpuhkan Doyle. Sementara sundulan Giroud masih melenceng dari sasaran.

Masuknya pitch invader memang sempat mengganggu jalannya pertandingan, tetapi tidak memengaruhi tekad Prancis untuk mencetak angka. Di menit 37, Tolisso bisa saja memecah kebuntuan andai tembakannya tak menyentuh tiang gawang. Gol yang ditunggu-tunggu Prancis akhirnya tiba di menit dua menit berselang melalui aksi Giroud usai memanfaatkan bola liar.

Les Bleus makin panas. Sebaliknya, mental bertanding Irlandia berangsur padam. Itulah yang dialami Doyle. Kesalahannya dalam mengantisipasi tendangan Fekir memaksanya untuk kembali memungut bola dari gawangnya. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Prancis.

Gempuran Prancis berlanjut di babak kedua. Akan tetapi, tendangan jarak dekat Giroud masih mampu dimentahkan Doyle. Gempuran Prancis berlanjut di babak kedua. Akan tetapi, tendangan jarak dekat Giroud masih mampu dimentahkan Doyle.

Setelah gagal menambah pundi-pundi golnya, Deschamps memutuskan untuk menukar Fekir dengan Antoine Griezmann di menit 63. Prancis makin serius setelah Paul Pogba dan Osumane Dembele dimasukkan pada pertengahan babak. Kehadiran keduanya diharapkan menjadi penawar dari minimnya kreativitas lini tengah Prancis yang menurun di paruh kedua.

Suka tak suka, genangan air di lapangan akibat hujan deras jadi salah satu faktor atas gagalnya Prancis memperlebar keunggulan. Bukti paling ketara tertuang pada kegagalan mereka saat melancarkan serangan balik di menit-menit akhir. Bola sodoran Dembele kepada Griezmann terganjal oleh genangan air. Alhasil, tak ada lagi gol tambahan saat wasit Georgi Kabakov meniup pluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Prancis menang 1-0.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23