kumparan
18 Mar 2018 2:43 WIB

Gol Bunuh Diri Bantu Schalke Petik Tiga Angka di Markas Wolfsburg

Para pemain Schalke berkumpul. (Foto: @s04_en)
Schalke 04 berhasil unggul tipis 1-0 atas Wolfsburg di Volkswagen Arena, pada lanjutan Bundesliga pekan ke-28, Minggu (18/3/18) dini hari WIB. Die Knappen keluar sebagai pemenang lewat gol bunuh diri Robin Knoche di menit 86.
ADVERTISEMENT
Tiga angka tersebut makin menguatkan posisi Schalke sebagai runner-up lewat torehan 49 poin. Sedangkan Wolfsburg urung beranjak dari peringkat 15 karena baru mengemas 25 angka.
Berdasarkan performa, jurang pemisah antara Wolfsburg dan Schalke amatlah curam. Schalke tengah on-fire karena sukses melibas empat laga teranyar dengan kemenangan.
Wolfsburg sedang terupuruk karena tak kunjung menang dalam tujuh kesempatan terakhir. Adalah badai cedera yang bertanggung jawab atas jebloknya performa Wolfsburg. Jakub Blaszczykowski, Admir Mehmedi, dan John Brooks mesti ditepikan akibat cedera. Beruntung bagi mereka, Daniel Didavi dan Divoc Origi yang sebelumnya diragukan tampil kini bisa turut serta.
Schalke masih mengandalkan Guido Burgstaller yang disokong Daniel Caligiuri di pos sayap. Sedangkan Leon Goretzka diplot sebagai jendral area tengah bersama Bastian Oczipka. Besar kans Schalke untuk unggul di laga kali ini, mengingat kekalahan terakhir mereka dari Wolfsburg terjadi pada 2015 silam.
ADVERTISEMENT
Wolfsburg bisa saja unggul lebih dulu andai sepakan jarak jauh Maximilian Arnold tak melebar di menit 10. Secara keseluruhan babak pertama, kedua kubu sama-sama kesulitan membongkar pertahanan lawan.
Schalke yang mengandalkan kombinasi Amine Harit dan Ozcipka di tepi kiri tak berjalan sesuai rencana. Pun demikian dengan Wolfsbug yang cenderung intens memanfaatkan umpan lambung sebagai senjata untuk menembus barikade yang Schalke yang dipimpin Naldo.
Imbasnya, kedua tim lebih mengandalkan tembakan jarak jauh sebagai opsi percobaan. Total, tiga kali tuan rumah melayangkan skenario tersebut via Riechedly Bazoer, Didavi, dan Arnold. Sepasang tembakan jarak jauh Schalke diukir Caliguri dan Naldo, walau hasilnya masih nihil. Skor kacamata menghiasi papan skor di paruh pertama.
ADVERTISEMENT
Sementara di pertengahan babak kedua, Domenico Tedesco memasukkan Breel Embolo untuk menambah varian serangan. Substitusi tersebut nyaris saja berbuah di menit 65. Akan tetapi, aksi pemain berusia 21 tahun itu masih bisa kandas di tangan Koen Casteels.
Wolfsburg berpeluang besar untuk memecah keunggulan di menit 76. Ya, mereka mendapatkan hadiah penalti dari wasit Benjamin Cortus usai Matikja Nastasic menjatuhkan Bazoer di kotak terlarang. Namun, kesempatan itu tak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Paul Verhaegh yang ditunjuk sebagai eksekutor. Tembakannya mampu ditepis Faehrmann.
Demi menambah daya dobrak lini depan, Franco Di Santo masuk menggantikan Burgstaller. Bruno Labbadia juga merombak lini depan Wolfsburg dengan menarik keluar Bazoer dan memasukkan Victor Osimhen yang berposisi sebagai penyerang.
ADVERTISEMENT
Namun, dewi fortuna nampaknya lebih bepihak kepada Schalke ketimbang tim tuan rumah. Empat menit sebelum waktu normal, Schalke berhasil mengunci kemenangan setelah Knoche mencetak gol bunuh diri. Pupus sudah harapan Wolfsburg untuk menghindar dari kekalahan. Schalke unggul dengan skor tipis 1-0.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan