kumparan
12 Okt 2018 4:15 WIB

Gol Penalti Mbappe Selamatkan Prancis dari Kekalahan

Selebrasi gol pemain Islandia ke gawang Prancis. (Foto: REUTERS/Stephane Mahe)
Islandia gagal mempertahankan keunggulannya atas Prancis. Dalam laga uji tanding yang digelar di Municipal du Roudourou Stadium, Jumat (12/10/2018) dini hari WIB, Islandia sudah unggul dua gol lebih dulu melalui gol Birkir Bjarnason di menit ke-30 dan Kari Arnason pada menit ke-58.
ADVERTISEMENT
Tapi, lima menit jelang laga berakhir Prancis berhasil mencetak dua gol, masing-masing melalui bunuh diri Holmar Oern Eyjolfsson pada menit ke-86 dan penalti Kylian Mbappe di menit ke-90. Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-2.
Trofi Piala Dunia diperlihatkan di Municipal du Roudourou Stadium di Kota Guingamp. Ya, sang juara Piala Dunia 2018 yakni Prancis memamerkan trofi tersebut sebelum kick-off laga uji tanding menghadapi Islandia.
Tampil di depan publiknya sendiri, jawara dunia dua kali ini tampil dengan pemain-pemain yang kemarin tampil di Piala Dunia. Hanya Lucas Digne pemain yang tak dibawa oleh Didier Deschamps di Piala Dunia dan tampil sejak awal di laga kali ini.
Sisanya, pemain-pemain macam Paul Pogba, Antoine Griezmann, Raphael Varane, dan Olivier Giroud bermain sejak menit awal. Sang lawan yakni Islandia juga tampil dengan kekuatan penuh.
ADVERTISEMENT
Gylfi Sigurdsson yang sedang tampil baik bersama Everton dimainkan sejak menit awal. Sigurdsson menjadi pelayan bagi Alfred Finnbogason yang dimainkan seorang diri di lini depan.
Prancis yang menggunakan seragam putih-putih menguasai jalannya laga sejak awal. Sementara, Islandia hanya sesekali mengusai dan melakukan serangan balik. Meski hanya sedikit mengusai bola, Islandia yang berhasil mengancam lebih dulu. Arnor Ingvi Traustason yang menggiring bola dari mengakhirinya dengan sepakan dari luar kotak penalti. Namun, Hugo Lloris masih sigap mengamankan gawangnya.
Prancis baru mendapat peluang pertama di menit ke-19. Peluang didapat dari kepala Griezmann menyambut umpan silang Digne. Namun, bola masih melebar tipis dari gawang Islandia.
Kendati Prancis memegang kendali permainan, justru Islandia yang berhasil unggul lebih dulu. Adalah Birkir Bjanarson yang mampu mencetak gol ke gawang Lloris lewat tendangan jarak jauhnya di menit ke-30. Prancis tertinggal 0-1.
ADVERTISEMENT
Ketinggalan membuat Prancis terus menekan pertahanan Islandia. Peluang didapat oleh Ousmane Dembele pada menit ke-34. Akan tetapi, usahanya masih bisa ditepis oleh Runar Alex Runarsson.
Kendati Prancis terus melakukan tekanan namun tak ada gol yang bisa mereka ciptakan. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Islandia.
Balik dari kamar ganti, Prancis meningkatkan tensi serangannya. Florian Thauvin membuat peluang pertama untuk Prancis, tapi sepakan kaki kirinya masih melebar tipis dari gawang Islandia.
Uji tanding Prancis vs Islandia. (Foto: REUTERS/Stephane Mahe)
Asyik menyerang membuat Prancis kehilangan konsentrasi di lini belakangnya. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Islandia untuk mencetak gol kedua.
Tepatnya pada menit ke-58 gawang Prancis kembali bobol lewat gol Kari Arnason. Bek tengah Islandia itu berhasil menyambut sepak pojok dari Sigurdsson untuk membuat Islandia unggul 2-0.
ADVERTISEMENT
Guna menambah daya gedor, Prancis memainkan pemain-pemain bernaluri menyerangnya seperti Kylian Mbappe, Thomas Lemar, dan Dimitri Payet.
Perubahan yang dilakukan oleh Deschamps akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-86. Bek tengah Islandia, Holmar Oern Eyjolfsson, malah membobol gawangnya sendiri usai salah mengantisipasi tendangan dari Mbappe. Skor pun berubah 2-1.
Empat menit usai gol bunuh diri tersebut, Prancis akhirnya bisa mencetak gol penyama kedudukan. Penalti dari Mbappe sukses mengubah keadaan menjadi 2-2. Tak ada lagi gol yang tercipta pertandingan pun berakhir dengan skor yang sama kuat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·