kumparan
16 Sep 2019 3:48 WIB

Gol Piatek Menangkan Milan di Markas Verona

Piatek merayakan gol. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo
AC Milan melanjutkan tren kemenangan di pentas Serie A 2019/20. Bertandang ke markas Hellas Verona pada pekan ketiga, Senin (16/9/2019) dini hari WIB, I Rossoneri menang 1-0.
ADVERTISEMENT
Satu-satunya gol kemenangan Milan lahir dari kaki Krzysztof Piatek di menit ke-68. Atas hasil ini, Milan tak terkalahkan di dua laga teraktual dan kini menghuni posisi 7 klasemen dengan 6 poin.
Sementara bagi Verona, hasil minor di Stadion Marcantonio Bentegodi menjadi kekalahan perdana yang ditelan mereka musim ini. Verona kini berada di posisi 11 dengan 4 angka.
Marco Giampaolo kembali menggunakan pakem 4-2-3-1 seperti saat mengalahkan Brescia dengan memasang Kryzstof Piatek sebagai ujung tombak. Piatek ditopang oleh Lucas Paqueta dan Suso dari lini kedua.
Sementara tiga pemain yang menggalang lini tengah diisi oleh Hakan Calhanoglu, Franck Kessie, dan Lucas Biglia. Nama rekrutan anyar Milan, Ante Rebic, juga dipersiapkan di bangku cadangan.
ADVERTISEMENT
Meski turun dengan nama-nama terbaiknya, Milan nyatanya kesulitan sepanjang babak pertama. Padahal, sejak menit ke-21 Verona sudah bermain dengan 10 orang usai Mariusz Stepinski mendapat kartu merah.
Milan memang mengurung Verona sepanjang 45 menit pertama dengan penguasaan bola mencapai 63%. Tapi, dari lima upaya yang mereka lepaskan dari Piatek, Kessie, hingga Suso tak ada satu pun mengarah gawang.
Justru kubu tuan rumah sempat memberi ancaman berarti di awal laga ketika Mattia Zaccagni melepas tembakan yang mampu ditangkap oleh Gianluigi Donnarumma.
Pemain Milan, Paqueta dan Suso, di laga melawan Verona. Foto: Twitter: AC Milan
Milan memulai babak kedua dengan memasukkan Rebic untuk mengganti Paqueta. Penyegaran ini berdampak signifikan khususnya bagi kreativitas serangan. Buktinya, Davide Calabria hampir membuka keunggulan jika sepakannya tak membentur mistar gawang di menit 57.
ADVERTISEMENT
Verona memang sempat bangkit memberi perlawanan saat tendangan Valerio Verre mengenai mistar tiga menit berselang. Namun, Milan bisa memutus momentum kebangkitan tuan rumah saat Piatek mencetak gol di menit 68.
Gol Piatek lahir dari eksekusi penalti usai wasit menunjuk titik putih karena pemain belakang Verona melakukan handball. Piatek bisa saja mencetak gol keduanya di menit ke 85 jika wasit tak menganulirnya usai melihat tayangan Video Assistant Referee (VAR).
Saat laga memasuki masa injury time, Milan kehilangan Calabria yang diusir usai melakukan pelanggaran keras di depan kotak penalti. Beruntung Verona gagal memaksimalkan peluang dari tendangan bebas sehingga keunggulan Milan bertahan hingga laga rampung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan