Pencarian populer

Gol Tunggal Harry Kane Antar Spurs Taklukkan Dortmund

Kane usai mencetak gol ke gawang Spurs. Foto: Reuters/Andrew Couldridge

Tottenham Hotspur berhasil melaju ke babak perempat final Liga Champions. Kepastian itu didapat usai berhasil menang dengan skor 1-0 dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions menghadapi Borussia Dortmund, Rabu (6/3/2019) dini hari WIB.

Gol tunggal dari Harry Kane sukses membuat Spurs pulang dengan senyum dari Signal Iduna Park. Hasil tersebut juga membuat agregat pertandingan menjadi 4-0 karena sebelumnya di leg pertama yang dihelat di Wembley Stadium, Spurs menang dengan skor 3-0.

Untuk mengejar defisit tiga gol, Borussia Dortmund tampil dengan pola menyerang. Dalam formasi 4-1-4-1, Dortmund memainkan Paco Alcacer di depan ditemani oleh Marco Reus, Mario Goetze, Jadon Sancho, dan Raphael Guerreiro .

Tampilnya Alcacer, Goetze, dan Reus secara bersamaan menjadi yang pertama kali dilakukan oleh Lucien Favre musim ini. Selebihnya, Axel Witsel bermain sebagai penyeimbang di tengah lalu Marius Wolf, Manuel Akanji, Abdou Diallo, dan Julian Weigl berdiri di depan Roman Buerki yang menjadi penjaga gawang.

Adapun Spurs, tampil dengan kekuatan terbaiknya. Nama-nama familiar seperti Harry Kane, Son Heung-min, Christian Eriksen, Jan Vertonghen, Davinson Sanchez, dan Hugo Lloris masih menjadi pilihan utama Mauricio Pochettino. Di laga ini, Pochettino memainkan pola 3-5-2.

Butuh tiga gol membuat Dortmund tampil menekan sejak menit awal. Pressing yang dilakukan oleh Marco Reus dan kolega menyulitkan para pemain Spurs mengembangkan permainan.

Tapi, bukan berarti Dortmund dengan mudah masuk ke pertahanan Spurs. Trio Sanchez, Vertonghen, dan Toby Alderweirld tampil kompak dan sangat disiplin.

Belum lagi ketangguhan Hugo Lloris di bawah gawang Spurs. Penjaga gawang asal Prancis itu berhasil menahan tendangan Reus dari dalam kotak penalti pada menit ke-21. Itu merupakan percobaan ke gawang pertama Dortmund di babak pertama.

Tekanan Dortmund semakin deras menjelang babak pertama usai. Weigl dan Goetze memiliki kesempatan untuk mencetak gol. Tapi, Lloris tampil sangat cekatan dalam menjaga gawangnya.

Untuk Spurs, praktis mereka hanya melakukan serangan balik untuk membahayakan gawang Dortmund. Salah satunya melalui Son di menit ke-31, lolos dari jebakan offside tendangan pemain asal Korea Selatan itu masih melebar.

Meski Dortmund menekan sepanjang babak pertama, namun tak ada gol yang berhasil mereka ciptakan. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Usai jeda, Dortmund tetap melakukan tekanan ke pertahanan Spurs. Peluang didapat oleh Reus melalui tendangan volinya tapi bola masih melebar dari gawang Spurs.

Peluang Julian Weigl yang digagalkan Ben Davies. Foto: Reuters/Andrew Couldridge

Asik menyerang membuat Die Roten lupa dengan pertahanan. Gawang Buerki bobol pada menit ke-49 melalui kaki Kane. Lolos dari jebakan offside, Kane yang menyambut umpan terobosan Sissoko dengan tenang mengoyak jala gawang Dortmund.

Ketinggalan satu gol membuat Dortmund melakukan perubahan. Christian Pulisic dan Jacob Larsen masuk untuk mengganti Guerreiro dan Wolf.

Meski Dortmund terus melakukan tekanan, namun tak ada gol yang mereka bisa ciptakan. Pertandingan pun selesai dengan kemenangan Spurs 1-0.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20