kumparan
18 Sep 2019 14:41 WIB

Hadapi Tira-Persikabo, PSM Makassar Tanpa Amido Balde

Penyerang PSM Makassar, Amido Balde, saat melawan PSIS Semarang. Foto: Dok. Liga Indonesia
Kabar buruk menghampiri PSM Makassar. Selain mesti kehilangan Asnawi Mangkualam dan Zulham Zamrun karena akumulasi kartu, mereka tak bisa memainkan Amido Balde akibat cedera hamstring yang cukup parah.
ADVERTISEMENT
Cedera tersebut didapat saat bertandang ke markas Perseru Badak Lampung FC, Sabtu (15/9) lalu. Ia diprediksi absen pada sejumlah laga, termasuk kala menjamu Tira-Persikabo, Kamis (19/9).
Kondisi ini jelas menjadi kerugian bagi PSM. Balde merupakan satu-satunya penyerang tengah murni mereka yang tersedia untuk dimainkan pada laga nanti.
Pemain Persija Jakarta Bambang Pamungkas (kiri) berebut bola dengan pemain PSM Makassar pada lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Hal berbeda tentu dirasakan sang lawan. Untuk mereka, ini adalah kabar baik. Terlebih, Balde memang menjadi sosok yang amat diwaspadai Rahmad Darmawan alias RD pada laga nanti.
Pelatih Tira-Persikabo itu menilai bahwa mantan penyerang Persebaya tersebut memiliki keunggulan dalam duel bola-bola atas. Kecepatan yang ia miliki pun dianggap berpotensi menebar ancaman.
Lewat dua atribut itulah Balde tampil tajam bersama PSM. Ia mencetak dua gol dalam tiga laga.
ADVERTISEMENT
"Saya rasa kita tahu kualitas Balde dengan bola-bola tinggi dan kemampuan sprint yang bagus. Jadi kami waspadai itu, dan juga beberapa pemain kunci PSM lain," ucap RD, dilansir dari laman resmi Liga Indonesia.
Ezra Walian di kamp Timnas U-23. Foto: kumparan/Sandy Firdaus
Sejatinya, PSM masih memiliki satu penyerang lain. Ia adalah Ezra Walian yang baru saja didatangkan pada putaran kedua ini. Namun, ia dianggap belum mencapai tingkat kebugaran yang diinginkan tim pelatih.
Karena itu, pelatih PSM, Darije Kalezic, mesti berimprovisasi pada laga nanti. Salah satunya dengan memainkan Ferdinand Sinaga, seorang penyerang sayap, di pos penyerang tengah.
Cara lain adalah dengan menempatkan Wiljan Pluim di posisi tersebut sebagaimana yang pernah dilakukan Robert Alberts pada musim lalu. Saat itu, PSM juga kehilangan penyerang mereka, Bruce Djite, karena perkara serupa.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan